Kurangi-Bahaya-Kebakaran-Digedung-SKPD-Damkar-Latih-Ratusan-Security.jpg
Read Time:1 Minute, 46 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) menggelar pendidikan dan pelatihan tehnik pelayanan dasar pemadam bagi para satuan pengamanan atau security yang bekerja pada lingkup SKPD, Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 kegiatan tersebut dibagi dalam dua kelas. Bertempat di Aula Hotel Pesona Anggraeni, RT 1 RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua sejak Senin – Selasa (30 – 1 Desember 2020).

Menurut Sanusi, Selaku panitia diklat mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari seksi penguatan kapasitas yang bertujuan mengoptimalkan pendidikan dan pelatihan para security pada lingkup SKPD di Kabupaten Bogor.

Ia menambahkan, Karena masih situasi pandemi Covid-19 para peserta dibagi dalam dua kelas, adapun kegiatan dilakukan di indoor dan outdoor.

Para Security Diberikan Materi Secara Teori Saat Diklat

“Iya kami berupaya mengoptimalkan kinerja para satpam dilingkup SKPD berlangsung selama dua hari ada beberapa materi terkait pengenalan dasar teori api dan jenis-jenis peralatan pemadam kebakaran juga ada manajemen keselamatan kebakaran gedung beserta evakuasinya,” paparnya disela-sela kegiatan pada Senin malam (30/11).

Sebagai salah satu aset kata Sanusi, Gedung SKPD yang ada di Kabupaten Bogor itu senantiasa harus dijaga terutama petugas security sebagai garda terdepan setidaknya mampu mengendalikan dan menanggulangi jika ada kejadian.

“Intinya agar bisa mengurangi resiko kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bogor, Alhamdulillah tadi para peserta nampak terlihat antusias,” terangnya.

Ditempat yang sama hal senada dikatakan Asmandila, Kasi Penguatan Kapasitas Dinas Pemadam Kebakaran mengaku kegiatan diklat ini pertama kalinya digelar oleh Damkar khususnya bagi para security dilingkup SKPD Kabupaten Bogor.

“Kami berharap para peserta dapat menyimak,mengikuti lalu mempraktekannya dilingkup SKPD masing-masing dan apa yang disampaikan oleh pemateri itu dapat bermanfaat dikemudian hari. Ya,karena masih suasana Covid peserta kami bagi dalam dua ruangan aula dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Salah seorang peserta diklat, Bersama ke-empat rekannya dari Dispedagin Ia mengaku terbantu dengan kegiatan tersebut, Selain diberikan wawasan dasar tentang tata cara mematikan api jika ada musibah kebakaran ditempatnya bekerja.

“Iya kami berempat mewakili Dispedagin Kabupaten Bogor, Sangat terbantu juga dengan kegiatan tersebut selain itupun kami diberikan buku panduan lengkap dan akan di terapkan nanti dilingkungan tempat kami bekerja.” tandasnya. (Cil/Wan)

Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *