Semangat-Gerakan-Pramuka-Dalam-Bela-Negara-Sebagai-Karakter-Bangsa.jpg
Read Time:1 Minute, 47 Second

Megamendung, PenaPublik.com – Bertempat di Aula Hotel Gumilang
Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan bela Negara dan karakter Bangsa bagi gerakan pramuka penegak. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada 1 hingga 2 Desember 2020.

Kepala Badan Kesbangpol, Drs. Bambang Widodo Tawekal M.Si, Secara resmi membuka kegiatan didampingi Kabid Iwasbang Tri Subiati W. Sos, M.Si beserta jajaran dan Kasunid Drs. Deni Hermawan M.Si dengan instruktur kegiatan dari Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Serda. Mohamad Wahyu Setiawan.

Adapun para nara sumber diantaranya dari BNN, Polres Bogor, Rektor Universitas Pakuan, Akademisi Universitas Djuanda, Irjen Polhukam, Kesbangpol Jabar dan Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Kabid Iwasbang Kesbangpol Saat Memberikan Sambutan Penutupan Kegiatan

Dalam sambutannya Kepala Badan Kesbangpol, Bambang Widodo Tawekal memberikan arahan dan pemahaman serta informasi kepada para peserta yang hadir didominasi oleh kaum muda khususnya pramuka akan nilai-nilai bela Negara dan karakter Bangsa.

“Dengan demikian akan tercipta masyarakat yang aman, nyaman dan damai. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Kesbangpol dalam rangka menumbuhkembangkan rasa bela Negara yang berkarakter Pancasila,” paparnya.

Hal senada menurut Tri Subiati, Kabid Ideologi wawasan dan kebangsaan Kesbangpol, Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai langkah dan upaya Pemerintah sehingga kedepannya para peserta diharapkan dapat menjadi inspirator sekaligus motivator dalam membangun masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor.

“Alhamduliah para peserta nampak terlihat antuasias sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan damai,” ungkapnya.

Sementara itu Serda M. Wahyu Setiawan, Kodim 0621/Kabupaten Bogor, yang bertindak selaku instruktur dalam kegiatan tersebut dirinya berharap bahwa pramuka sejatinya memiliki kesadaran bela Negara dan karakter Bangsa.

“Maka secara otomatis mereka harus senantiasa mencintai Bangsa dan kedaulatan Negara-nya, Pemahaman seperti itu yang kami berikan kepada para peserta,” ucapnya seusai kegiatan pada Rabu siang (2/12).

Muhamad Iksan dari kwarran Megamendung dan Euis Mutia dari Kwarran Ciawi mengaku senang diikutsertakan dalam kegiatan wawasan kebangsaan yang diinisiasi Kesbangpol Kabupaten Bogor tersebut.

“Iya syukur alhamdulillah kami disini mendapat banyak ilmu dan wawasan serta materi pendidikan bela negara, Inshaa Allah kami siap implementasikan diwilayah dan lingkungan kami masing-masing.” tandas keduanya.

Reporter : Dhan/Cil

Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.