Lapak-Baca-Bogor-dan-Rumaksa-Kenalkan-Wayang-Pada-Anak-Zaman-Now-1.jpg
Read Time:1 Minute, 23 Second

BOGOR, PENAPUBLIK.COM– Sekumpulan pemuda yang tergabung di Lapak Baca Bogor (LBB) dan Rumaksa menggelar pementasan wayang kardus bersama anak-anak usia dini di Kampung Cemplang Baru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Kamis (7/10).

Selain pentas wayang, Dalam kegiatan tersebut, LBB dan Rumaksa menggelar pentas Teater Tubuh. Bertujuan memberikan edukasi khususnya kepada generasi penerus untuk mengenal budaya wayang sebagai salah satu refleksi atas keresahan dan keprihatinan yang terjadi saat ini.

“Pementasan seni ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang budaya yang sudah terlupakan dan tergerus oleh zaman,” tutur Aceng, selaku pegiat kesenian dari Rumah Lentera.

Ia menambahkan, Seringnya terjadi kekerasaan terhadap anak-anak, Makadari itu dibutuhkan cinta dan kepekaan khususnya saat mereka tidak mendapatkan kasih sayang dengan selayaknya.

“Anak Indonesia adalah aset Bangsa, jika dididik dengan pola asuh yang benar, Maka akan menjadi generasi bermoral. Akan tetapi bagaimana potret anak Indonesia jaman kini, apakah mencerminkan kondisi anak yang sudah terdidik dengan baik,” ucapnya setengah bertanya.

Menurut Aceng, Sejatinya anak-anak harus dijaga dan dilindungi dari segala macam bentuk kekerasan baik kekerasan fisik, psikis, kejahatan sexual maupun kejahatan lainnya. Namun demikian kondisi saat ini masih saja terlihat bahkan menyaksikan banyak terjadinya eksploitasi anak secara jelas dan nyata.

Masih kata Aceng, Kekerasan juga bisa dilakukan oleh orang-orang dilingkungan terdekat, seperti orang tua, keluarga maupun orang diluar keluarga. Tindakan eksploitasi terhadap anak bisa dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya ekonomi, pendidikan, lingkungan.

“Ini sebagai bukti bahwa kita semua masih banyak tugas yang belum terselesaikan untuk itu mari kita selesaikan secara bersama-sama berbagai elemen. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa tercipta pendidikan yang menghibur sebagai edukasi khususnya bagi anak-anak generasi penerus.” pungkasnya.

Reporter : Drong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.