Mantan Menteri Lhk Meninggal Dunia Aktivis Pepeling Merasa Kehilangan.jpg
Read Time:2 Minute, 0 Second

JAKARTA, PENAPUBLIK.COM – Mantan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia di era Orde Baru yakni Ir. H. Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia, pada Jumat petang (26/5).

Informasi yang dihimpun team redaksi, Mendiang Ir. H. Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia, tepat pada usia 79 tahun.

Kabar tersebut juga disampaikan politikus Indra J Piliang melalui akun twitternya.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Sarwono Kusumaatmadja berpulang jam 15.14 di Adventist Hospital, Penang. Orang hebat. Beliau pernah saranin saya untuk kirim positioning paper berupa weekly and monthly untuk isyu-isyu politik dan sosial, setelah saya pensiun,” tulis Indra Piliang dalam akun twitternya pada Jum’at (26/5).

Diketahui, Sarwono Kusumaatmaja merupakan pejabat lintas zaman, Semasa berkarier di pemerintahan Orde Baru, Pria kelahiran 24 Juli 1943 silam itu pernah menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993) dan Menteri Lingkungan Hidup (1993-1998).

Dua Aktivis Pepeling Saat Menjumpai Mendiang Ir H. Sarwono Kusumaatmadja Diruang Kerjanya Beberapa Waktu Lalu.

Pada era reformasi, Sarwono menjadi Menteri Eksplorasi Kelautan dari tahun 1999 hingga 2001.

Dan saat ini menjabat sebagai penasihat untuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Ketua inisiatif Perubahan Iklim Indonesia.

Di luar pemerintahan, Mendiang dikenal sebagai politikus yang malang melintang sebagai anggota DPR RI dan politikus senior Golkar. Selain itu mendiang sebagai sosok sipil pertama yang dipercaya menjadi orang nomor dua di partai berlambang pohon beringin tersebut.

Jenazah Ir. H. Sarwono Kusumaatmadja bin Taslim Kusumaatmadja diperkirakan akan tiba di Jakarta pada hari Sabtu (27 Mei 2023) sekitar pukul 15.00 WIB, untuk disemayamkan di rumah duka yang beralamat Jalan Balitung III no 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jenazah akan disemayamkan di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu pagi, tgl. 28 Mei 2023 (waktu menyusul). Kemudian, Pemakaman akan dilakukan pada Minggu, 28 Mei 2023 di Pemakaman San Diego Hills (waktu dan lokasi menyusul)

“Semoga almarhum mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya dalam keadaan husnul khatimah,Aamiin.”

Kami yang berduka :
– Rezal Ashari Kusumaatmadja dan keluarga.
– Krisnan Kusmara Kusumaatmadja (Nino) dan keluarga.
– Devyandra Kusumaatmadja (Adja) dan keluarga.
– Kendisan Kusumaatmadja (Keke) dan keluarga.

“Selamat jalan pahlawan lingkungan, jasamu abadi selalu. Semoga wafat husnul khotimah dan dilapangkan kuburannya, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan lahir maupun bathin. Turut berduka cita yang mendalam serta merasa kehilangan.” tulis Iwan Meichin salah seorang murid sekaligus rekan mendiang almarhum Ir. H. Sarwono Kusumaatmadja dan aktivis PEPELING Bogor Raya.

Laporan : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − one =