20200814082635.jpg
Read Time:1 Minute, 59 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pendidikan kepramukaan bagi guru pada kompetensi jenjang SMP tahun 2020, Bertempat di Aula Hotel Pesona Anggraeni, Jalan Raya Puncak, Kampung Balekambang, RT 1/01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor yang dilaksanakan pada 10-12 Agustus (angkatan dua).

Menurut Didin Syafrudin, Kepala Seksi GTK SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pembina Pramuka di sekolahnya masing-masing.

“Dalam Bimtek ini para peserta diberikan materi-materi mulai dari pemahaman kebijakan perlembagaan kurikulum, penguatan pendidikan karakter, prinsip dasar kepramukaan, menganalisa kompetensi, materi pembelajaran dan penilaian meliputi SKU, SKK hingga modul blok aktualisasi hingga relugulasi,” terangnya.

Para Peserta Bimtek Kepramukaan Bagi Guru SMP

Masih kata Didin, Lanjutnya Ia menambahkan, Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua angkatan yakni, Angkatan pertama dilakukan pada tanggal 04 – 06 Agustus, dan angkatan kedua pada 10-12 Agustus 2020.

“Iya tahap atau angkatan pertama (I) peserta sebanyak 47 orang, dan pada angkatan kedua (II) sebanyak 48 orang. Sementara kapasitas hotel sebanyak 100 orang yang mana hal ini sesuai dengan protokol kesehatan, Covid-19,” paparnya.

Hal senada dikatakan Ucu Sunarya, Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Menurutnya, Untuk memaksimalkan paparan materi pihaknya melibatkan tiga narasumber penggerak pramuka.

“Kami melibatkan tiga narasumber yakni, Solihat, S.Pd, MM, Saepullah, S.Pd,MM, dan Edi Mulyadi, S.Pd,MM,” imbuhnya.

Ucu menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut pihaknya berharap pengembangan dan penerapan Pramuka di Sekolah jenjang SMP semakin meningkat.

“Sejatinya pramuka itu merupakan salah satu kegiatan wajib di sekolah untuk pengembangan soft skill peserta didik dan character building. Namun, dengan adanya pelatihan ini kami mengharapkan terciptanya penggerak sekaligus pembina pramuka yang berkompetensi tinggi serta berdaya guna,” tuturnya penuh harap.

Sementara itu Asep Ahmad Syamsudin, Salah seorang peserta Bimtek mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melalui bidang GTK yang telah memfasilitasi para peserta kegiatan Bimbingan Teknik peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia selama dua hari ditempat ini.

Pada dasarnya di Sekolah itu kata Asep masih banyak kekurangan terutama dalam melaksanakan implementasi peraturan Menteri nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan.

“Pada intinya kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak terutama pelatih dan pembimbing serta pemateri sehingga kami mendapatkan wawasan ilmu bagaimana nantinya bisa menerapkan aplikasi atau implementasi pendidikan kepramukaan di sekolah kami masing-masing.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Editor : Iwn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.