Menengok-Lebih-Dekat-Kampung-Jambudipa-Cianjur-yang-ASRI-1.jpg
Read Time:1 Minute, 21 Second

Cianjur, PenaPublik.com – Nampak terlihat jelas saat menginjakkan kaki di Kampung Jambudipa RT 01 RW 09, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Deretan tanaman sayur berjejer dan tertata rapih didalam pot-pot setiap teras rumah warga, mengisi ruang kosong yang ada diisi dengan berbagai jenis tanaman membuat sedap dipandang mata siapapun yang melihatnya.

Ya, Dari informasi yang didapat tim PenaPublik, Warga sekitar Kampung Jambudipa menanam berbagai macam tanaman dengan biaya sendiri. Selain tanaman dalam pot, warga memanfaatkan polybag dan tanaman hidroponik yang tumbuh subur di area tersebut.

Menurut Apid, Ketua RT 01 saat ditemui Ia mengatakan bahwa diwilayah tersebut sesuai kesepakatan warga menyebutnya Kampung Asri.

Warga Jambudipa Pelopor Kampung Asri

“Iya kami sepakat bersama warga menamakan Kampung Asri yang berarti Aman, Sehat, Resik dan Islami. Kami berupaya ingin menerapkan pola hidup atau kebiasaan yang Islami,” terangnya pada Sabtu (03/10).

Masih kata Apid, Ia menambahkan bahwa program Kampung ASRI tersebut seperti aktif melakukan ronda malam, jumsih, meningkatkan fungsi Masjid dan Majelis Taklim.

“Berupaya terus menjalin dan memperkuat ukhuwah islamiah serta memperbanyak kegiatan positif lah intinya,” ucap Apid.

Hal senada diakui Lali, Ketua RW 09, Program di Kampung ASRI tak hanya penghijaun, Dalam merintis Kampung tersebut warga sekitar sudah sepakat menolak segala bentuk dan jenis praktik riba, perjudian, bermabuk-mabukan, kenakalan remaja atau seks bebas.

Menurutnya, Di Kampung ASRI yang berdiri sejak dua bulan Ialu itu tak terlepas dari Yayasan Tsabit Mulia Indonesia (YTMI) sebagai pendamping program.

“Selain swadaya warga, Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Yayasan Tsabit Mulia Indonesia yang terus melakukan pendampingan kepada kami disini. Semoga bermanfaat untuk Kampung ASRI ini.” pungkasnya.

Reporter : Fauzi

Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *