2024 06 04 11 50 06.png.jpg
Read Time:1 Minute, 45 Second

CIOMAS, PENAPUBLIK.COM – Antusias masyarakat nampak terlihat terutama mereka yang memiliki hewan peliharaan kesayangan berbondong-bondong memanfaatkan layanan vaksinasi hewan gratis serentak yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, salah satunya di Puskesmas Hewan (Puskeswan) Wilayah IV Kabupaten Bogor, Laladon Kecamatan Ciomas, pada Senin (3/6/2024).

Menurut Irmawati, Kepala Puskeswan Wilayah IV Kabupaten Bogor mengatakan pemberian vaksinasi hewan atau vaksinasi rabies gratis ini adalah kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, dengan target sebanyak-banyaknya.

“Alhamdulilah antusias masyarakat sangat tinggi, artinya masyarakat sudah baik kepeduliannya terhadap kesehatan hewan peliharaan mereka. Selain hari ini sebetulnya pelayanan vaksinasi ini juga ada dari Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB. Melalui pelayanan vaksinasi Rabies serentak ini kami bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” paparnya.

Sementara itu Titik Herawati, Kasubag TU dan Dokter Hewan Penanggung Jawab Puskeswan Wilayah IV Kabupaten Bogor, menerangkan, vaksinasi Rabies ini sangat penting sebagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan penyakit rabies. Hewan yang divaksin hari ini terdiri dari anjing, kucing dan musang, untuk hewan qurban dilakukan secara jemput bola ke lapak dan peternakan yang ada di wilayah IV Kabupaten Bogor.

Menurutnya, sebelum hewan mendapatkan vaksinasi rabies, hewan-hewan tersebut harus melalui tahap pemeriksaan.

Pertama timbang berat badan, lalu pemeriksaan suhu tubuh, ketika lolos suhu tubuh maka hewan siap untuk diberikan vaksinasi Rabies. Untuk usia minimal 3 bulan yang bisa dilakukan vaksinasi rabies.

“Semoga melalui layanan vaksinasi rabies gratis ini masyarakat semakin sadar akan kesehatan hewan terutama Rabies karena ini jadi tanggung jawab kita semua. Karena sekarang konsepnya one health sama seperti kesehatan manusia juga berlaku pada kesehatan hewan,” urainya.

Arya, Salah seorang warga Dramaga mengapresiasi adanya pelayanan vaksinasi rabies gratis dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Bagus banget, ini bisa membantu hewan peliharaan kami jadi lebih sehat dan terbebas dari Rabies. Semoga di HJB ke-542 ini Kabupaten Bogor semakin maju dan pelayanan Puskeswan di Kabupaten Bogor diperbanyak lagi untuk memberikan fasilitas bagi para penggemar hewan semuanya.” pungkas Arya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − twelve =