PenaPublik_20220729234448.jpg
Read Time:1 Minute, 13 Second

BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Berdasarkan SKB 3 Menteri, 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Tanggal 1 Muharram 1444 Hijriyah adalah sebagai peringatan Tahun Baru Hijriyah 2022 atau Tahun Baru Islam 2022.

Pantauan PenaPublik, Nampak terlihat ribuan warga melakukan longmarch disepanjang Jalan Raya Puncak start mulai dari depan Masjid Harakatul Jannah simpang Gadog hingga finish di Rest Area Sari Barokah Cisarua pada Jum’at malam (29/7/2022).

Sementara di halaman Kantor Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor terpantau ratusan warga masyarakat berkumpul sambil melantunkan takbir, tahmid, dan sholawat Nabi dengan menyalakan obor sebagai pertanda menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah.

“1 Muharram adalah momentum yang tepat bagi kita untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Sang pencipta. Ketaqwaan kepada sang Khaliq harus termanifestasi-kan dalam bentuk kecintaan terhadap ciptaannya, tentu ini bukan hanya habluminannas, akan tetapi pula dalam konteks yang lain, hubungan kita dengan alam dan lingkungan di dalamnya,” tutur Maman Usman Rasidi, S.H, M.H, salah seorang tokoh pemuda warga Desa Banjarwaru yang ditemui dilokasi kegiatan pawai obor Kecamatan Ciawi.

Ia menambahkan, Dalam implementasi momentum 1 Muharram tersebut kiranya seluruh umat manusia harus memahami bahwa bumi semakin tua dan alam semesta semakin sering menunjukkan eksistensi-nya untuk diberikan perhatian lebih oleh manusianya itu sendiri.

“Mudah-mudahan, Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah ini semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT sekaligus meningkatkan kepedulian dan keshalehan sosial serta kecerdasan spiritual termasuk kecintaan kita pada segala bentuk ciptaan-Nya, khususnya lingkungan.” pungkas Maman yang juga aktivis Pepeling. (FIK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.