PenaPublik_Ketahanan-Pangan.jpg
Read Time:1 Minute, 19 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Pemerintah Desa Cilember, Kecamatan Cisarua bersama BPD dan kelembagaan lainnya menggelar Musyawarah Desa (Musdes) penetapan penggunaan Dana Desa 20% tahun 2022 untuk Ketahanan Pangan dan Hewani.

Kegiatan digelar di Aula Kantor Desa dihadiri Pendamping Desa, Ketua RT dan RW, Penyuluh Pertanian, Perwakilan Kelompok Tani serta Bhabinmas pada Jum’at pagi (29/7/2022).

Menurut Suhendi, Kepala Desa Cilember dalam sambutannya sekaligus menyampaikan sesuai Peraturan Pemerintah No. 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022, Pemerintah Pusat menginstruksikan Pemerintah Desa untuk menggunakan anggaran 20% Dana Desa untuk Ketahanan Pangan dan Hewani sesuai hasil Musyawarah Desa.

“Hari ini kita dituntut untuk melaksanakan Musyawarah Desa terkait Ketahanan Pangan dan Hewani yang akan kita gunakan di Desa sehingga bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Cilember khususnya,” tutur Suhendi.

Dirinya berharap masyarakat bisa memproduksi bahan pangan tersendiri, karena anggaran tersebut memang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat di tahun 2022 ini.

“Iya, Pada intinya kami ingin mendorong masyarakat ke arah yang lebih baik khususnya bidang pertanian dan peternakan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Tirya, Ketua Penyuluh Pertanian Lapangan menyampaikan bahwa program ketahanan pangan tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi kelangkaan pangan di masyarakat.

Desa Cilember kata dia termasuk Desa Mandiri sehingga sedikit banyak ketahanan pangan ini dilaksanakan untuk kegiatan yang lebih produktif.

“Sebenarnya kita belum membuat mekanisme yang akan dilaksanakan nantinya seperti apa dan sesuai peraturan yang harus terlibat dalam pengelolaan Dana Desa Ketahanan Pangan itu diantaranya BUMDes,” terangnya.

Kendati demikian, Secara bersama-sama semuanya harus terlibat dalam mengatur unit-unit usaha apa yang sekira-nya bisa menjadi potensi dan berkelanjutan.

“Semuanya itu agar terkelola dengan baik dan berkelanjutan.” tandasnya. (Wa/Fik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *