2024 01 04 18 22 12.png
Read Time:1 Minute, 6 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Musim penghujan tiba, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang ada diwilayah Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dalam sepekan kedepan menerangkan bahwa wilayah Bogor dan sekitarnya akan terus diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

“Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer, maka untuk sepekan kedepan perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas hingga lebat,” terang Fatuhri Syabani, Kepala Stasiun Metereologi BMKG Citeko, Pada Kamis petang (4/1/2024).

Lanjutnya kata Fatuhri, Cuaca ekstrim tersebut tidak menutup kemungkinan dapat memicu beberapa bencana alam seperti longsor dan banjir, terutama di daerah yang memiliki topografi perbukitan.

“Dalam sepekan terakhir, cuaca ekstrem berupa hujan lebat turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa titik wilayah maupun daerah,” ucapnya.

Ia menambahkan, Potensi hujan tersebut yang diperkirakan selama sepekan kedepan, salah satunya diakibatkan adanya pertemuan angin di beberapa Pulau besar di  Indonesia.

“(Selain dinamika atmosfer) faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan,” tandasnya.

Ditempat berbeda, Bripka Apep, Bhabinmas Desa Citeko menghimbau kepada Ketua RT dan RW memonitoring wilayah dengan kondisi cuaca seperti saat ini.

“Assalamu’alaikum, mohon ijin kepada Ketua RT dan RW agar memonitoring wilayahnya masing-masing, dikarenakan cuaca hujan cukup deras.” singkat Apep via pesan Whatsappnya pada Kamis (4/1/2024).

(Redaksi/FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 5 =