Pertama-Dijawa-Barat-BPBD-Gembleng-Kaum-Perempuan-Untuk-Atasi-Bencana.jpg
Read Time:1 Minute, 56 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Kaum perempuan menjadi kelompok yang cukup rentan apabila terjadi bencana, Berdasarkan hal tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan menggelar Pelatihan Keluarga Tangguh Bencana bagi kader atau tim penggerak PKK tingkat Desa. Sebanyak 80 orang mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar selama 3 hari sejak Senin hingga Rabu (1-3 November 2020) tersebut bertempat di Aula Hotel Pesona Anggraeni, Kampung Balekambang RT 1 RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua.

Adapun materi-materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya dari BPBD Provinsi Jabar terkait peran ibu dan keluarga dalam penanggulangan bencana, Kemudian ada materi dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) tentang teori sekaligus praktek memadamkan api apabila terjadi bencana kebakaran juga dari PMI tentang perawatan keluarga dan P2TP2A tentang ketahanan keluarga dalam penanggulangan bencana.

Menurut Adi Yuliana, Staf Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD mengatakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan tim penggerak PKK tingkat Desa sebanyak 80 orang yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor yang terakomodir hanya 120 orang untuk tahun 2020 ini.

Menurut Rencana, Istri Wabup Bogor Yang Akan Menutup Kegiatan Pelatihan kader PKK

“Iya pesertanya ibu-ibu PKK tingkat Desa, Mereka dibekali materi teori dasar juga nanti ada praktek. Saat ini baru 80 orang saja, Mudah-mudahan ditahun mendatang banyak Desa yang terakomodir dan bisa ikut dalam pelatihan seperti ini,” paparnya disela-sela kegiatan pada Selasa (3/11).

Masih kata Adi, Untuk Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Kabupaten Bogor lah yang pertama kali BPBD menggelar kegiatan pelatihan melibatkan kader PKK sebagai peserta-nya.

“Alhamdulillah tadi Pak Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jabar yang kebetulan hadir sebagai pemateri memberikan apresiasi dengan acara ini. Semoga sepulangnya dari pelatihan ini peserta yang hadir bisa memberikan sosialisasi kepada kader dan tim penggerak PKK lainnya yang ada di Desa khususnya dan umumnya bagi masyarakat luas,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Siti Kholisoh, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Jambuluwuk, Kecamatan Ciawi mengaku senang dirinya dilibatkan menjadi salah satu peserta pelatihan keluarga tangguh bencana bagi kader PKK yang digagas oleh BPBD Kabupaten Bogor bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan ini.

“Alhamdulillah meskipun pertama kalinya saya diundang oleh BPBD jadi peserta pelatihan cukup banyak juga wawasan keilmuan dan materi-materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini. Dan tentunya nanti akan saya share dan bagikan ilmunya kepada kader PKK yang ada di Desa Jambuluwuk khususnya, mudah-mudahan bermanfaat.” pungkasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.