Pertama-Kali-di-Indonesia-Ratusan-Buruh-Pelabuhan-Ikut-Diklat-Kemenhub-1.jpg
Read Time:2 Minute, 39 Second

JAKARTA, PENAPUBLIK.COM – Sebuah terobosan baru bagi peningkatan kompetensi buruh pelabuhan melalui program Pendidikan dan Pelatihan Port Basic Safety and Security Training atau PBSST mulai dilaksanakan Kementrian Perhubungan Repubik Indonesia bagi ratusan buruh pelabuhan di Kalimantan Selatan.

Kegiatan Diklat PBSST yang diprakarsai oleh kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Satui, Provinsi Kalimantan Selatan ini melibatkan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) se-Kalimantan Selatan. Ini untuk pertama kalinya di Indonesia peningkatan kualitas profesi buruh pelabuhan atau TKBM diberi perhatian khusus oleh Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan RI.

Sekitar 200 buruh pelabuhan tersebut akan mengikuti Diklat PBSST selama 4 hari di Hotel Ebony Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dari tanggal 24 sampai dengan 27 Mei 2021. Peserta TKBM akan dilatih secara khusus oleh para pelatih profesional dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Kementrian Peruhubungan RI di Jakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Terkait kegiatan tersebut, Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Laut kemetrian Perhubungan RI, Andi Hartono menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan program diklat Basic Safety and Security Training bagi Pegawai TKBM yang notabene baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi para pelaku TKBM serta menjadi pilot project untuk daerah lainnya. Semoga ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” tutur Andi Hartono saat menyampaikan sambutannya secara virtual sebelum membuka secara resmi Diklat PBSST bagi peserta TKBM, Pada Senin (24/05/2021).

Sebelumnya Kepala BP2TL Jakarta, Capt Heru Susanto menyampaikan laporan kegiatan ini secara virtual dari Jakarta.

Lebih lanjut Susanto mengatakan, Diklat PBSST tersebut sangat penting terutama bagi para TKBM dalam rangka peningkatan kualitas dan keselamatan kerja selama berkegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III KBBL, Agus Sularto turut memberikan semangat dan support kepada para peserta saat menyampaikan sambutannya mewakili seluruh Kepala UPT di Kalimantan Selatan pada acara pembukaan.

Turut hadir langsung dan memberikan sambutan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka.

Ambo Sakka mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Menjadi kebanggaan bagi kami karena ini merupakan kegiatan Diklat pertama di Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya bagi para pekerja TKBM di pelabuhan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk memastikan acara berjalan lancar, Sudibyo, Direktur Utama PT. Khalfani Energi Riset yang turun langsung memantau persiapan dan penerapan protokol kesehatan bagi seluruh peserta. PT Khalfani Energi Riset yang digandeng oleh BP2TL sebagai penyelenggara kegiatan Diklat PBSST, memilih Batulicin sebagai lokasi penyelenggaraan agar memudahkan akses bagi para peserta untuk mencapai lokasi Diklat.

“Pada acara pembukaan sengaja hanya dihadirkan sekitar 100 orang peserta perwakilan dari TKBM Koperasi Bersama Tanah Bumbu untuk menerapkan protokol kesehatan,” terang Sudibyo.

Sementara itu, Firmansyah, salah satu peserta TKBM mengaku bangga sebagai buruh pelabuhan diikutsertakan dalam Diklat PBSST. Hal yang sama disampaikan Agus, yang mengaku sudah cukup lama menekuni profesi ini dan baru pertama kali ini ada pelatihan khusus seperti ini.

“Semoga pelatihan ini berguna bagi kami,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Satui Eidy Sutrisno Hadji Djafar mengatakan, pihaknya berharap pasca Diklat PBSST ini, buruh pelabuhan atau TKBM akan diarahkan dan dipersiapkan dalam rangka mengikuti Uji Kompetensi mengenai keahliannya sebagai pekerja bongkar muat di pelabuhan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi yang berlisensi BNSP. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.