Program-Kampung-Cyber-Diyakini-Membawa-Manfaat-dan-Kemudahan-Bagi-Desa-1.jpg
Read Time:2 Minute, 14 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Membawa slogan “Setiap Sisi Ada Koneksi” Kampung ini lebih depan dalam langkah penerapan Teknologi Informasi pedesaan, yang tadinya kesulitan dalam koneksi karena akses yang belum tercover kini setiap warganya dapat dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya melalui jalur digital.

Dijuluki sebagai Kampung Cyber, program berbasis IT di RT 02 RW 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor ini mulai diarahkan ke beberapa kebutuhan seperti Database RT berupa data kependudukan, perekonomian dan bahkan pelayanan lokal kini bisa dirasakan warganya hanya melalui gadget.

Tim RaKIT Saat Memaparkan Program Kampung/Desa Digital

Para warga setempat yang berlokasi di Kampung Caringin ini memang cukup aktif menggalakkan berbagai program dan yang cukup menarik adalah perkembangan penerapan Teknologi IT untuk menyelesaikan permasalahan diwilayah mereka.

Dalam upaya menyediakan akses kepada semua warganya, pengurus RT telah melakukan instalasi jaringan Wifi Hotspot di setiap rumah warga, meski belum semua rumah setidaknya saat ini koneksi wifi hotspot dapat diakses disetiap sudut area yang masuk kedalam wilayahnya.

Dalam melakukan pendataan dan pengelolaan data Ketua RT setempat bekerjasama dengan RakIT Labs selaku penyedia layanan-layanan IT dan memanfaatkan aplikasi bernama Sistem Informasi Pelayanan Desa (SIPADE) yang dikembangkan oleh RakIT Labs, aplikasi yang dapat membantu Desa mengelola data dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan strategis wilayah pembangunan tingkat RT, RW dan Desa.

Pengurus RT memulai tahapan dari infrastruktur jaringan dan penghimpunan data warganya, kini data di RT 02/03 Desa Banjarsari ini sudah menginjak hampir 100% dan sangat membantu dalam berbagai keperluan.

“Iya terlebih saat penyelenggaraan bantuan penanganan Covid-19 beberapa waktu belakangan ini proses verifikasi dan pemutakhiran data yang menjadi tugas RT dirasa lebih cepat dan mudah sekali,” terang Sutajaya Laksana, Ketua RT 02/03 Desa Banjarsari.

Sejatinya penggunaan SIPADE tidak hanya di Desa Banjarsari, aplikasi berbasis web tersebut juga digunakan oleh beberapa Pemerintah Desa di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Seperti halnya disampaikan oleh Firdan, Salah seorang staf Desa Banjarwaru, sesuai pengalaman yang dialami-nya dalam pengelolaan data bantuan yang kini tengah mendominasi tugas di Desa itu sangat sangat membantu.

“Pada dasarnya aplikasi SIPADE itu sangat membantu untuk pelayanan dan perihal bantuan sosial khususnya di Desa Banjarwaru, Dengan adanya basic data terlebih saat itu boleh dibilang emergency karena situasi Covid-19,” ungkapnya.

Masih kata Firdan, Dengan adanya program tersebut pihaknya memiliki data yang benar-benar valid dan akurat sesuai dengan hasil verifikasi data.

“Jadi intinya aplikasi SIPADE tersebut sangat membantu kita dalam menjaga keabsahan data apalagi saat penanganan bantuan warga terdampak Covid-19. Data itu tidak tumpang tindih artinya secara sistem data tersebut tercontrol dengan baik.” tandasnya. (Taufik)

Melihat laman resmi www.sipade.web.id, Rupanya aplikasi ini memang ditujukan untuk kemudahan Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan yang prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.