0_IMG-20200308-WA0018.jpg
Read Time:1 Minute, 55 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Sejatinya, Kesadaran dan kepekaan terhadap sampah memang tidak bisa dipaksakan, Semua kembali kepada mindset atau cara pandang kita sebagai makhluk sosial. Melihat fenomena warga khususnya diwilayah RT 2 RW 03 Kampung Caringin Atas, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Muhammad Syafwan atau biasa disapa Iwan Meichin, Seorang aktivis dan pemerhati lingkungan mengaku dengan gerakan masyarakat mengumpulkan sampah dari rumahnya masing-masing tersebut setidaknya menjadi jawaban bahwa hari ini ternyata masih ada warga yang memang terketuk hati-nya untuk peduli dan cinta lingkungan.

“Dalam mengkampanye-kan sesuatu sebenarnya yang paling dibutuhkan itu adalah Demplot atau proyek percontohan yang bisa berjalan sukses dan efektif meskipun skala kecil mungkin di RT 2/3 ini akan jadi demplot ya dan bisa jadi perhatian terutama dari Pemerintah baik itu Desa, Kecamatan hingga Pemkab. Ternyata persoalan lingkungan ketika masyarakat mau melakukannya secara bersama-sama itu bukan hal sulit sangat bisa dilakukan,” paparnya disela-sela penimbangan sampah di Kampung Caringin Atas pada Minggu siang (8/03).

Masih kata Iwan, Lanjutnya Ia mengapresiasi saat melihat antusiasme puluhan warga yang datang dan mengumpulkan sampah lalu ditimbang dirumah Ketua RT.

“Dunia ini sebenarnya tidak ada sampah, hanya soal mindset kita saja yang mengartikannya. Bayangkan ini baru satu wilayah RT jika satu Desa warganya bisa melakukan seperti disini wah akan menjadi luar biasa banget deh. Kalo dipertahankan bahkan dikembangkan saya yakin wilayah RT 2 ini akan menjadi demplot di Desa Banjarsari Ciawi,” tuturnya.

Iwan Meichin aktivis Pepeling merasa bangga pada warga di RT 2/3 Banjarsari

Hal senada dikatakan Dedi Suryapraja, Tokoh masyarakat saat melihat antusiasme warga yang peduli lingkungan dengan berupaya mengurangi populasi sampah tentu sangat mengapresiasi dan mendukung program seperti ini.

“Saya berharap warga khususnya di RT 2 ini bisa gabung semua dan sampah bisa dikelola bareng-bareng apalagi menurut informasi akan mengelola sampah organik dan non organiknya itu disini. Intinya saya sangat mendukunglah,” kata Dedi mantan Kepala Dusun.

Sementara itu menurut Slamet Mujarotun, Penggagas yang juga selaku Ketua Bank Sampah LIBBS mengucapkan terima kasih kepada warga RT 2/3 khususnya yang terlihat sangat antusias berdatangan satu persatu sejak tadi pagi.

“Alhamdulillah gerakan ini semoga ini bisa dipertahankan dan terus berkembang meskipun ini baru pertama kali penimbangan, Gak nyangka juga sih tapi mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi wilayah RT lainnya.” tandas Slamet yang juga Ketua IPSM Kecamatan Ciawi.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.