20190123070254.jpg
Read Time:1 Minute, 0 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Sedikitnya 30 orang peserta yang didominasi para pehobby dan petani mewakili Desa nya masing-masing mengikuti pelatihan budidaya cacing sekaligus menerapkan aplikasinya bertempat di wilayah Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Senin (21/1).

Acara tersebut digagas dan digelar oleh perkumpulan Universalia, Ketua pelaksana kegiatan pelatihan M. Syarip Abadi yang bekerjasama dengan Jamkrindo (Jakarta) Pimpinan Dwi Suwandono dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Prof. Dr. Ir. Khusnul Yaqin, M.Si.

Para Peserta Pelatihan Berfoto

Adapun pelatihan tersebut sedianya bertujuan dalam rangka mendorong para petani untuk kembali kepada pertanian organik, kemudian para petani diberikan arahan, wawasan dan keilmuan bagaimana caranya menghasilkan pupuk cacing untuk memenuhi pupuk pertanian. Selain itu juga berupaya meningkatkan unsur hara lahan dan bagaimana caranya meninggalkan kebiasaan penggunaan pupuk berbahan kimia.

“Banyak hal yang didapat dengan mengikuti kegiatan pelatihan seperti ini dan tentunya sangat bermanfaat khususnya bagi para petani serta masyarakat Ciawi pada umumnya dalam hal membudidayakan cacing untuk pertanian. Kami berharap kedepannya bukan hanya pelatihan saja akan tetapi bagaimana mampu mengembangkan potensi diri dan usaha setidaknya untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.” tutur Are Budi, Tokoh pemuda mewakili peserta yang juga Ketua Markas Komunikasi Radio Ciawi (Mako Awi).

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.