PWRI-Bogor-Raya-Siap-Gelar-Pelatihan-Jurnalistik-Bagi-Insan-Pers.jpg
Read Time:1 Minute, 56 Second

BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Sekumpulan orang yang tergabung dalam pengurus Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Bogor Raya tengah melakukan persiapan sekaligus pemantapan dalam rangka kegiatan pelatihan jurnalistik bagi para insan pers dan keanggotaan PWRI Bogor Raya. Pemantapan tersebut bertempat di Jalan Raya Pangrango 1, Pajeleran Gunung, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Pada Kamis malam (30/12/2021).

PWRI Bogor Raya melalui Rohmat Slamet yang juga Ketua Umum PWRI Kabupaten Bogor, Ia menuturkan bahwa kegiatan pelatihan sedianya akan digelar pada tahun 2022 mendatang tepatnya tanggal 18 Januari bertempat di VVIP Hotel M One, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Kecamatan Cimandala, Kabupaten Bogor.

“Bagi calon peserta yang akan mengikuti pelatihan jurnalistik nanti modal utama-nya adalah tidak buta huruf, rajin membaca, berlatih, berlatih, dan berlatih,” kata Rohmat Slamet dalam press rilisnya.

Ia menambahkan, Selain diberikan wawasan keilmuan dan kaidah-kaidah serta etika jurnalistik sesuai Undang Undang Pers nomor 40 tahun 1999, Para peserta pelatihan jurnalistik akan dibekali materi oleh para narasumber yang kompeten dibidangnya terdiri dari Dewan Pers, Akademisi, Praktisi hukum juga wartawan senior Nasional.

“Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan diantaranya seperti membangun karakter dan mental seorang jurnalis profesional, pemakaian kode etik dan tata bahasa, metode penulisan berita yang baik dan benar mengandung unsur 5 W 1 H hingga sajian media massa yang digunakan oleh seorang pewarta atau jurnalis sesuai UU Pers nomor 40 tahun 99,” paparnya.

Masih kata Rohmat, Untuk menunjang kegiatan pelatihan, Para peserta pelatihan jurnalistik juga akan diberikan alat tulis, kaos dan atribut, akomodasi juga konsumsi.

“Bahkan lebih spektakuler lagi para peserta akan diberikan sertifikat penghargaan yang di tanda tangani langsung oleh Dewan Pers sehingga kedepannya memiliki kredibilitas dan akuntabilitas mumpuni serta mampu berdaya saing,” terangnya.

Acara tersebut kata Rohmat, Mendapat dukungan dari Bupati Bogor, Dewan Pers, Diskominfo, Praktisi hukum, Praktisi media dan lain-lain.

“Alhamdulillah, Ibu Bupati sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik yang nanti akan digelar dan digagas oleh para insan pers yang tergabung dalam PWRI Bogor Raya,” ungkapnya.

Sementara itu, Mivel Hendriyanto, Sekjen PWRI Bogor Raya mengatakan dengan kondisi saat ini dimana para insan pers yang handal dan profesional dituntut agar mampu dan senantiasa berupaya melakukan tugas kerja jurnalistik yang cepat, tepat, berita yang akurat dan valid.

“Oleh karena itu pelatihan demi pelatihan bertujuan agar mampu mengasah, menggali, mengkaji dan memperdalam ilmu jurnalistik itu menjadi sesuatu hal yang wajib.” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.