2024 02 02 16 24 20.png.jpg
Read Time:1 Minute, 27 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Pelaksanaan Pemilu 2024 tinggal menghitung hari, Seluruh penyelenggara saat ini tengah disibukkan dengan pengiriman logistik kotak suara dari mulai KPU Kota/Kabupaten hingga PPK tingkat Kecamatan.

Sebanyak 1.840 kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) saat ini telah tiba di gudang PPK yakni di Grand Smesco, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Menurut Abdul Basit, Penanggung jawab Teknik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cisarua mengatakan bahwa semua kotak suara tersebut telah disimpan dengan aman di gudang logistik Grand Smesco.

Panitia Penyelenggara Pemilu di Cisarua Saat Amankan Kotak Suara.

“Alhamdulillah sesuai agenda sudah sampai semua hari ini dan aman serta tidak ada kerusakan sama sekali,” ungkapnya pada Jumat siang (2/2/2024).

Masih kata Basit, Untuk selanjutnya sebanyak 1.840 kotak suara tersebut akan didistribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 9 Desa dan 1 kelurahan diwilayah Kecamatan Cisarua.

“Pendistribusian ke desa-desa akan dilakukan pada H-2 dan H-3 sebelum pemungutan suara,” terangnya.

Dalam konteks Pemilu 2024, Kecamatan Cisarua memiliki 368 TPS, dan Basit memastikan bahwa semuanya tidak termasuk dalam zona rawan bencana.

Meskipun tidak ada yang terdeksi rawan bencana, Dirinya mengaku ada 3 TPS yang lokasinya berada di tengah-tengah perkampungan kebun teh yakni Kampung Cikoneng dan kampung Cibulao, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Tidak ada yang rawan bencana. Meskipun ada beberapa TPS dengan akses yang cukup jauh, seperti di Tugu Utara terutama diwilayah TPS 1, 2 dan 3. Namun semuanya masih dalam kondisi aman,” jelasnya.

Mengantisipasi kendala akses internet di salah satu TPS yang terpencil, PPK Kecamatan Cisarua telah menyiapkan skema dengan menggunakan aplikasi Sirekap yang dapat beroperasi secara offline.

“Nanti, kita akan menggunakan aplikasi sirekap yang dapat berjalan offline. Begitu sinyal bagus, otomatis data langsung terkoneksi.” tandasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + seven =