PenaPublik_20221217152954.jpg
Read Time:1 Minute, 30 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Eksistensi Komunitas Penggiat Peduli Lingkungan terus terjaga ditengah masyarakat Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Upaya tersebut yakni melalui Bank Sampah bernama LIBBS (Lingkungan Indah Bersih Bebas Sampah) yang dikelola oleh seorang Ketua Rukun Tetangga (RT).

Setiap 2 Minggu sekali Bank Sampah LIBBS tersebut melakukan kegiatan penimbangan dan pemilahan sampah an-organik tabungan para anggotanya yang merupakan warga sekitar di lingkungan 1 RT, seperti yang terjadi hari Sabtu pagi (17/12/2022).

Ditengah proses memilah sampah, Sutajaya Laksana yang biasa disapa Jaya, pengurus Bank Sampah LIBBS sekaligus Ketua RT 02/03, Desa Banjarsari itu mengaku penimbangan kali ini jumlah sampah dari anggota tidak terlalu banyak dan sebagian besar berupa kardus dan plastik.

“Sekarang paling hanya satu colt (mobil pickup) biasanya lebih banyak, sekarang yang penting gimana menjaga konsistensi kita,” tuturnya.

Bersama salah satu warga yang sering membantu diberbagai kegiatan tingkat RT, keberadaan Bank Sampah memang mampu membangun kebersamaan disamping upaya utamanya yakni pengurangan dan pemanfaatan sampah diwilayah.

Meski belum mendapat dukungan Pemerintah level diatasnya, Sutajaya dan pengurus lainnya mengaku tetap berusaha menjalani program tersebut sebaik mungkin, karena melihat antusias warga yang ada.

Sudah beroperasi untuk tahun ke 3 dan antusias masyarakat masih terjaga, upaya baik yang dijalani para pengurus menjadi inspirasi yang patut ditiru meski Pemerintah belum betul-betul melihat Bank Sampah LIBBS tersebut sebagai hal strategis untuk didorong lebih lanjut.

Jaya juga mengungkapkan perasaannya selama pengalaman mengurusi Bank Sampah tersebut Ia akhirnya memilih untuk fokus menjalankan secara konsisten tanpa terlalu memikirkan kehadiran Pemerintah diatasnya, meski ia pun mengaku akan senang jika upaya ini mendapat dorongan kongkrit dari Pemerintah secara langsung.

“Sejauh ini belum ada dukungan lebih dari Pemerintah, waktu awal dulu sempat sih ada kunjungan itupun hanya kunjungan aja foto-foto biasa, kalo dukungan, bantuan ataupun secara khusus sama sekali belum ada deh.” tandasnya. (Adeas/Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *