Dishub dan PHRI Seragamkan Polisi Lingkungan Warga1_PenaPublik
Read Time:1 Minute, 46 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Dalam upaya membantu dan menciptakan kelancaran pengaturan serta tertib lalu lintas, Satlantas Polres Bogor, Dishub bersama insan PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Bogor menyerahkan seragam dan rompi secara simbolis kepada Polisi Lingkungan Warga (Polingga) dimana para petugas polingga berasal dari warga masyarakat sekitar Puncak, bertempat di Royal Safari Garden, Pada Jum’at pagi (25/10).

Menurut AKP Fadli, Kasatlantas Polres Bogor seusai kegiatan mengatakan bahwa pada prinsipnya polisi lingkungan warga (Polingga) ini diberi tugas dalam rangka membantu Satlantas, Dishub dan juga Pemerintah untuk pengaturan lalu lintas di Jalan Raya.

“Pada prinsipnya Polisi Lingkungan Warga (Polingga) ini untuk membantu Satlantas, Dishub dan Pemerintah dalam rangka pengaturan berlalu-lintas, Selain itu juga merupakan sebuah lapangan kerja yang disupport penuh oleh rekan-rekan PHRI diwilayah Puncak dalam upaya menciptakan lapangan kerja yaitu Polingga,” terangnya.

Fadli menyebutkan, Untuk start awal jumlahnya kurang lebih 30 personel dan sementara ini masih bentukan awal bila dirasa perlu untuk menambah jumlah personel, sama-sama akan menggandeng Pemerintah Daerah karena ini merupakan sinergitas juga antara Pemda dengan warga setempat.

“Polingga bertugas kegiatan dasar pengaturan lalu lintas seperti membantu menyebrangkan orang, kendaraan yang semrawut. Makanya teori dan praktek sudah kita berikan arahan serta pembinaan kepada mereka dan sebagai penyemangat kerja dilapangan kita berikan seragam agar lebih bagus serta indah dilihat. Untuk kerja-nya sementara ini baru Hari Sabtu/Minggu lebih lanjut nanti diatur lagi sementara ini masih pria saja,” paparnya.

Jansen Manansang, Direktur TSI pun melakukan hal yang sama

Hal senada dikatakan Drs. Jansen Manansang, M.Sc, Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) berharap dengan kehadiran polingga dijalur Puncak ini dapat memberikan energi positif dan baik, Secara tidak langsung juga menyerap tenaga kerja lokal masyarakat Puncak dan PHRI mendukung itu.

“Macet yang ada disekitar Puncak kita bereskan dulu agar tidak membebani warga masyarakat, Meskipun membutuhkan proses yang cukup panjang dan dari itu kami mengundang para stakeholder atau pelaku usaha perhotelan seperti dari Seruni, Cimory, Royal Safari Garden, Permata Alam dan yang lainnya dibawah naungan PHRI Kabupaten Bogor agar bisa memberikan kontribusinya terlebih lagi dengan hadirnya polingga saat ini.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.