Sebanyak-356-Orang-Warga-Desa-Ciawi-Terima-Bantuan-Sosial-Tunai-Kemensos-RI-.jpg
Read Time:2 Minute, 8 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Bertempat diruang Aula, Pemerintah Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi menggelar kegiatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial nominalnya sebesar Rp 600 ribu yang disalurkan kepada warga Desa Ciawi sebanyak 356 orang waktunya pun diatur menjadi dua (2) shift, Antara pagi sekitar pukul 8.00 – 12.00 WIB dan dilanjutkan siang hari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB, Pada Senin (26/7/2021).

“Penyaluran Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos RI disalurkan secara serentak dan harus selesai hari ini juga untuk warga kami sebanyak 356 orang KPM. Sementara mekanismenya kita atur dua shift, di mana pada pagi hari, tadi yang kita panggil warga yang berada di Dusun Selatan dan dilanjutkan siangnya warga Dusun Utara. Ini kita lakukan untuk menghindari kerumunan warga di masa pandemi Covid-19,” papar H. Nana Sumarna, S.Ag, Kepala Desa Ciawi disela-sela kegiatan penyaluran BST.

Nana menjelaskan, bahwa KPM yang mendapat BST tersebut mendapat undangan langsung dari Kemensos, Ia pun mengaku bahwa warga penerima BST itu betul-betul yang terdampak covid.

“Artinya bukan hanya warga yang menengah ke bawah saja, tetapi ada juga warga yang diberhentikan bekerja, kemudian para pelaku usaha kecil yang usahanya betul-betul terdampak. Syaratnya KTP asli penerima manfaat sama Kartu Keluarga dan kartu undangan dari Kemensos,” jelasnya.

Masih kata Nana, pihaknya memastikan bahwa BST ini diterima secara utuh oleh KPM, sehingga tidak ada pemotongan satu rupiah pun. Bukan itu saja, Ia juga selalu mengimbau kepada pengurus RT maupun RW untuk bekerja sesuai tupoksinya.

“Kita selalu memantau dan meminta kepada pengurus RT dan RW untuk bekerja dengan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan. Karena BST ini sangat dibutuhkan oleh warga yang terdampak Covid-19,” tandasnya.

Kendati demikian, lanjut Nana, Selama adanya BST ini dirinya tak mendapat laporan apapun dari KPM, terkait apakah ada pemotongan atau tidak.

“Artinya, selama BST ini bergulir semuanya berjalan lancar dan kami pastikan tidak ada pengurus dari kami, baik itu dari perangkat Desa maupun pengurus RT/RW yang melakukan pemotongan. Kalau ada yang berani dan laporannya sampai ke saya, akan saya panggil dan tindak tegas,” ucapnya.

Yeyet, Salah seorang warga Kampung Ciawi Girang RT 2 RW 03 mengaku senang mendapatkan Bantuan Sosial Tunai,”Alhamdulillah bersyukur dan saya senang mendapatkan bantuan uang ini untuk belanja kebutuhan didapur. Terima kasih kepada Pemerintah atas bantuan ini.” singkatnya.

Dilokasi kegiatan diluar ruang Aula Kantor Desa saat penyaluran BST, Bhabinmas Desa Ciawi dibantu Linmas nampak terlihat kompak dalam menertibkan warga agar tidak terjadi kerumunan, Dikarenakan masih dalam kondisi dan situasi Covid-19.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *