PenaPublik_20220824141743.jpg
Read Time:2 Minute, 4 Second

TAMANSARI, PENAPUBLIK.COM – Warga masyarakat Desa Tamansari didatangi petugas dengan tanda pengenal berlogo Kominfo dan menyebarkan Set Top Box (STB) beserta dokumen komplit berupa Berita Acara Penyerahan (BAP) untuk ditandatangani warga, pada minggu (21/08/2022).

Implementasi siaran Televisi Digital sudah mulai berlangsung sejak tahun 2019 lalu, Agenda peralihan frekuensi arus televisi UHF ke Digital sudah mulai efektif pada tahun 2022 ini, Pemerintah mulai menerapkan Analog Switch Off (ASO) secara penuh. Sehingga selain sosialisasi yang dilakukan lebih dari 2 tahun yang lalu, Kominfo rupanya juga menyebarkan perangkat gratis berupa dekoder Set Top Box DVBT2 kepada masyarakat.

Hal itu diketahui saat sejumlah orang yang mengaku dari Kominfo datang ke rumah-rumah warga di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. mereka membawa daftar nama yang disebut merupakan penerima “bantuan” perangkat agar TV analog mampu menerima sinyal digital.

Dari pintu satu ke pintu yang lainnya, petugas dengan dokumen lengkap berkalungkan kartu pengenal berlogo Kominfo sedikit menjelaskan kedatangan mereka kepada warga penerima dan juga membantu melakukan instalasi dilokasi, hingga TV mampu menampilkan gambar yang jelas sebagaimana apa yang dijanjikan teknologi TV digital.

Selain untuk siaran tv digital, Set Top Box yang dibagikan juga mampu terkoneksi ke konten Youtube dengan tambahan perangkat USB Wi-fi dan internet, namun hal itu perlu disediakan sendiri oleh pemilik rumah.

Dewi, warga Kampung Tamansari yang merupakan istri dari salah satu penerima Set Top Box gratis mengaku senang karena baru saja mengeluhkan TV-nya yang belum bisa terkoneksi ke Youtube, harapannya untuk membeli Set Top Box kini sudah terkabul dan cukup membeli perangkat tambahan agar TV miliknya mampu menampilkan Konten Youtube.

“Alhamdulillah, baru tadi ngobrol nanya gimana supaya TV bisa youtube biar anak ga rebutan HP (Handphone, /red) terus, eh dapet ini gratis,” ujarnya.

Sedangkan saat menunggu rekannya melakukan instalasi, Zulham Fajri, seorang Penanggungjawab atau Koordinator Tim petugas tersebut mengaku bahwa timnya baru hari ini turun ke wilayah Tamansari dan memiliki 8 tim menyebar.

“Untuk wilayah Bogor Timur dan Bogor Barat ya, Di Tamansari ada 8 Tim, dari kominfo kita lagi trial buat ke masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya 8 Tim dengan jumlah 14 orang ditugaskan untuk pemasangan ke 4580 penerima diwilayah Tamansari, sejauh yang sudah Ia jalani masih menemukan kendala bahwa ada beberapa warga yang belum memiliki TV saat hendak dipasangkan Set Top Box.

“Kendala kebanyakan kalau warga sini ada yang ga punya TV, paling kita ngakalinnya ya pinjam TV tetangga tetap ia yang menerima itu, masalah rejeki kan kita ga tau rejeki gitu kan punya TV tinggal pasang aja gitu.” pungkasnya. (Adeas/Fik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *