Penapublik 20230214112914.jpg
Read Time:2 Minute, 24 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Masih ditempat yang sama, Seusai pelantikan para petugas Pantarlih Pemilu 2024, PPK Kecamatan Cisarua melalui PPS Desa Citeko dilanjutkan kemudian pembekalan materi atau bimbingan teknis (bimtek) bagi 31 orang petugas Pantarlih yang terpilih.

Ke-31 orang tersebut dimana nantinya sesuai tahapan Pemilu akan melaksanakan tugas kerjanya diwilayah atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) nya masing-masing.

Menurut Aryadi Sukmana, S. Hum, Ketua PPS Desa Citeko saat dijumpai disela-sela kegiatan bimbingan teknis Pantarlih Pemilu 2024 mengatakan keseluruhan para petugas secara bertahap atau berjenjang akan diberikan pembekalan terkait pelaksanaan tugas dan fungsinya diwilayah masing-masing sesuai TPS yang ada.

ketua PPS Ciko saat memberikan bimtek

“Jadi rangkaian kegiatan hari minggu tanggal 12 Februari ini tadi diawali apel siaga secara serentak diseluruh Desa di Kabupaten Bogor. Kemudian pelantikan bagi para Pantarlih Desa Citeko yang berjumlah 31 orang setelah itu lalu dilakukan Bimtek pembekalan pantarlih agar mereka siap terjun kelapangan untuk pemutakhiran data,” paparnya pada Minggu siang (12/2).

Saat disinggung akan kendala yang dihadapi oleh PPS dalam mensosialisasikan terhadap petugas Pantarlih, Ia mengaku hal tersebut tidak terlalu mencolok bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada kendala yang berarti.

“Karena saya lihat Pantarlih yang ada di Desa Citeko mereka yang mayoritas sudah cukup berpengalaman dalam hal kepemiluan dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun yang baru mereka itu saya lihat adalah anak-anak muda yang masih cukup fresh dan siap menerima ilmu juga bisa bekerja sama dengan kita di PPS,” kata Yaldi sapaan akrabnya.

Masih kata Yaldi, Sementara ini Bimtek tersebut itu berjalan berkesinambungan dari mulai KPU Kabupaten Bogor kemudian PPK Kecamatan hingga PPS Desa.

“Nah, Hingga saat ini sih materi bimtek PPS terima itu baru sampai tahap awal dimana nanti akan ada pemberitahuan atau bimtek tambahan dari KPU Kabupaten. Materi yang diberikan ini cukup jadi bekal untuk rekan di Pantarlih untuk langsung bekerja,” terangnya.

Dirinya menghimbau dan berpesan bahwa menjadi Pantarlih sebagai ujung tombak dalam kegiatan Pemilu, Artinya ketika proses pendataan pemutakhiran pemilih bisa berjalan lancar dan baik, maka sudah tentu selanjutnya akan berjalan lancar juga sesuai tahapan.

“Sebaliknya jika proses pendataannya kacau maka itu akan menghambat. Lakukan pekerjaan sesuai on the track dan se-detail-detailnya jangan sampai kita menghilangkan hak pilih orang lain gara-gara kita lalai dalam melakukan pendataan,” ucapnya.

Sementara itu Abdullah Syafe’i, Panwaslu Desa Citeko mengucapkan selamat atas terpilihnya ke-31 orang pantarlih yang telah dilantik dan pengambilan ikrar janjinya.

PKD atau Panwaslu Kelurahan dan Desa kata Fey sapaan akrabnya dimana telah dilantik pada Minggu yang lalu (5/2/2023) juga secara serentak di Kabupaten Bogor.

“Iya, Kami dilantik oleh Panwascam Kecamatan Cisarua pada Minggu lalu tepatnya tanggal 5 Februari dimana di Kecamatan ada 10 PKD dan saat ini alhamdulillah saya bisa menyaksikan sekaligus hadir dalam pelantikan Pantarlih Desa Citeko. Mudah-mudahan apapun itu tidak ada hambatan dan kendala yang ditemukan nanti-nya serta berjalan lancar demi terselenggarnya Pemilu tahun 2024 yang akan datang.” pungkasnya penuh harap. (Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =