Berita_20190213230046_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 38 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bertempat di Aula Hotel Pesona Anggraeni, Kampung Balekambang RT 1 RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan pelatihan wawasan kebangsaan bagi para pemuda. Kegiatan tersebut diikuti oleh para perwakilan pemuda di tiap Kecamatan, Organisasi Kepemudaan, Pelajar dan Mahasiswa sebanyak 120 orang peserta yang dibagi dalam tiga(3) gelombang dilaksanakan selama enam (6) hari.

Menurut Wahyudi Chaniago,S.H, selaku panitia pelaksana kegiatan Dispora mengatakan bahwa pelatihan dan pendidikan wawasan kebangsaan bagi pemuda ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 40 tahun 2009 bahwa Pemerintah wajib memberikan pendidikan, pengembangan dan pemahaman wawasan kebangsaan.

“Dispora sebagai leading sector menangani tentang kepemudaan membuat kegiatan ini yang bekerjasama dengan instansi Kodim 0621 Kabupaten Bogor dan juga kami menghadirkan BNPT RI sebagai nara sumber seperti tadi diruang Aula memberikan materi pemahaman dan pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan terhadap terorisme serta radikalisme,” paparnya.

Sesi Tanya Jawab antara peserta dan narasumber dari BNPT RI

Masih kata Wahyudi, Ia menuturkan bahwa kegiatan yang difasilitasi dari APBD Kabupaten Bogor ini dan setelah mengikuti pendidikan serta pelatihan tersebut sesuai dengan standar kurikulum para peserta akan diberikan sertifikat. Selain itu juga para peserta banyak diberikan materi-materi yang disampaikan oleh para nara sumber yang berkompeten dibidangnya.

“Materi yang diberikan seperti cinta tanah air, bela negara, pendidikan wawasan kebangsaan juga kami sisipkan keilmuan leadership, manajemen organisasi dan materi lain-lainnya yang senada dengan itu,” tuturnya.

Dirinya berharap sekaligus juga menghimbau kepada para peserta yang rata-rata usia pelajar dan mahasiswa selepas dari kegiatan ini senantiasa menanamkan jiwa Nasionalisme, menjaga dan menjunjung sikap toleransi dengan budi pekerti yang baik.

“Mereka sebagai pemuda-pemudi generasi harapan Bangsa sejatinya harus menjadi garda terdepan dalam ikut serta menjaga keutuhan NKRI dan satu hal yang terpenting pelatihan ini juga sebagai pendidikan karakter bagi mereka.” pungkas Wahyudi yang dikabarkan akan maju untuk mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI Kabupaten Bogor yang rencananya akan digelar pada Bulan Maret mendatang.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.