Wisata-Puncak-Kembali-Berduka-Mata-Air-Ciburial-Jebol-Rumah-Warga-Tugu-Selatan.jpg
Read Time:1 Minute, 53 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Sedikitnya 10 unit rumah yang terletak di Kampung Pensiunan atau tepatnya belakang Rest Area Gunung Mas Jalan Raya Puncak RT 3 RW 01, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua tersapu dan mengalami kerusakan akibat jebolnya aliran air yang berasal dari Sungai kecil atau mata air Ciburial yang ada disekitar wilayah tersebut.

Musibah yang cukup menggemparkan dan membuat panik warga disekitar Kampung tersebut terjadi akibat intensitas hujan yang cukup deras mengguyur ditambah petir menggelegar saat pukul 16.00 WIB dikawasan wisata Puncak pada Sabtu (24/10).

“Iya kami warga disini sempat panik saat hujan deras dan petir sekitar pukul 17.00 WIB, 5 rumah mengalami kerusakan parah dari total kurang lebih 10 unit rumah warga yang terendam banjir akibat air selokan dibelakang rumah warga mengalami jebol ditambah banyak batang pohon yang menyumbat sekitar selokan,” tutur Doding Iskandar, Ketua RW 01, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua kepada PenaPublik pada Sabtu malam (24/10).

Warga Tugu Selatan Sedang Evakuasi Barang Dan Perabotan Rumah Tangga

Ditempat yang sama, M. Eko Windiana, Kepala Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua mengaku kaget bahkan sempat khawatir saat hujan deras ditambah petir yang terjadi pada Sabtu sore pukul 17.00 WIB.

“Saya mengaku dan merasa prihatin dengan apa yang menimpa warga khususnya di Kampung Pensiunan RT 3 RW 01 ini. Dan sebagai tanggung jawab saya akan berupaya memberikan solusi terbaik terlebih lagi kepada warga yang terdampak sementara ini warga yang mengalami luka baik ringan,sedang dan parah sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke klinik sehat terdekat,” terang Eko.

Untuk saat ini masih kata Eko, Pihaknya menuturkan akan berupaya membantu yang menjadi prioritas kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan seperti pakaian layak pakai dan kebutuhan pokok lainnya selama situasinya belum kondusif.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD dan Tagana Kabupaten Bogor agar dapat membantu karena menjadi tanggungjawab bersama juga tentunya,” tambah Eko.

Dari kejadian tersebut dirinya menganalisa ada semacam kesalahan dalam penataan sistem irigasi dan drainase disekitar lokasi bencana Kampung Pensiunan.

“Iya kebetulan diatas perkampungan itu ada proyek rest area dan sampah batang dan akar dari pepohonan sehingga mengakibatkan tersumbat dan terbendungnya aliran dari mata air Ciburial. Ini harus kita pikirkan juga kedepannya agar tidak terjadi lagi kejadian serupa yang menimpa warga, Kepada warga terdampak bencana semoga diberikan kesabaran dan ketabahan.” pungkasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.