Berita_20190227202210_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 51 Second

Ciampea, PenaPublik.com – Dua pekan melakukan pelatihan mekanik kepada 14 warga di Desa Cinangka Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, akhirnya acara pamungkas digelar di Aula Gedung Olah Raga Desa sekaligus penetapan 5 orang terpilih sebagai peserta terbaik yang selanjutnya bakal mendapatkan pendampingan lebih lanjut oleh Yayasan Wahana Artha untuk diikut sertakan dalam Pelatihan Mekanik di Honda Pusat Jatake Tangerang.

Meski diselenggarakan pada siang hari, namun acara penutupan kegiatan pemberdayaan yang difasilitasi oleh Karang Taruna Desa Cinangka tersebut diisi dengan antusias peserta terlebih saat yel-yel di teriakan bersama sebagai rasa terima kasih dari seluruh peserta.

Kedepan para peserta yang terpilih akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut secara langsung di Perusahaan yang bekerja sama dan bahkan diarahkan agar mereka dapat membuka usaha mandiri.

Disamping itu keberadaan para warga yang telah mendapat pelatihan secara kompeten juga menjadi poin strategis bagi rencana pembuatan unit usaha BUMDes yakni dalam hal jasa mekanik dan perbengkelan kendaraan bermotor.

Seperti yang disampaikan Irvan Lahardi, Sekretaris Desa Cinangka, bahwa BUMDes yang dikembangkan bisa saja memiliki unit usaha untuk menyerap tenaga mekanik tersebut.

“Iya yayasan Wahana Artha memberikan bantuan hibah berupa bangunan gedung dan perkakas perbengkelan,kemudian dalam administrasi Pemerintah Desa itu masuk ke Anggaran Pendapatan Belanja Desa sebagai pos pendapatan lain-lain atau bantuan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat,” terangnya.

Masih kata Irvan, Ia menambahkan pihaknya mewakili Kepala Desa mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Wahana Artha dalam hal ini dan juga kepada ke-14 pemuda terlebih lagi bagi ke-5 orang yang nantinya akan dilatih di Honda Pusat di Jatake Tangerang.

“Syukur Alhamdulillah, terima kasih terutama kepada Yayasan Wahana Artha dan selamat kepada 5 orang perwakilan pemuda di Desa Cinangka yang akan dilatih di Tangerang,” ujarnya bangga.

Foto Bersama antara Pemdes, Wahana Artha dan ke 14 Mekanik

Ditempat yang sama, Khaerul Rahman, Ketua Karang Taruna Desa Cinangka mengaku bangga dan mengapresiasi para pemuda di Desa nya tersebut.

“Saya turut bangga dan mengapresiasi temen-temen pemuda Cinangka yang sudah mengikuti pelatihan mekanik ini apalagi 5 orang dari ke 14 orang lainnya akan dilatih lagi di Jatake Tangerang, setidaknya nanti bisa merubah tingkat perekonomian dan kesejahteraan para pemuda disini. Terima kasih kepada Yayasan Wahana Artha yang sudah memberikan ilmunya.” pungkas Rahman penuh harap.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.