Fiks-Pemdes-Cimande-Tetapkan-198-Orang-Penerima-Manfaat-BLT-Dana-Desa-1.jpg
Read Time:2 Minute, 1 Second

Caringin, PenaPublik.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk penanganan Covid-19 yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendesa/PDTT serta merta disalurkan oleh Pemerintah Desa. Sebagai bentuk transparansi publik-pun hal tersebut diimbangi pula dengan pemasangan spanduk atau banner nama-nama penerima manfaat BLT-DD yang terpampang disetiap Desa.

Seperti di Desa Cimande, Kecamatan Caringin, BLT – Dana Desa tahun 2020 tahap pertama dan kedua sesuai hasil Musdesus disalurkan kepada warga sebanyak 198 KPM dengan nominal sebesar Rp.600 ribu untuk tiga (3) Bulan pertama sejak Bulan Mei 2020 disusul tiga (3) Bulan selanjutnya dengan nominal masing-masing per KPM Rp. 300 ribu.

Sebanyak 198 KPM BLT Dana Desa Terpampang Di Kantor Desa Cimande Caringin

“Pola dan prosedur dari atas dan anjuran Kemendes pun secara otomatis kami terapkan dibawah, Ya intinya tidak bisa melawan arus gitu lah. Sesuai hasil Musdesus yang kami lakukan bersama lembaga lainnya, penerima manfaat BLT DD tahun 2020 di Desa Cimande ini sebanyak 198 KPM,” terang Opik Sahrudin, Kepala Desa Cimande saat ditemui diruang kerja-nya pada Senin siang (20/07).

Adapun terkait pemasangan banner atau spanduk nama-nama penerima manfaat BLT-DD, Dirinya mengaku hal tersebut dalam upaya mengikuti anjuran dan himbauan Pemerintah Pusat sebagai bentuk transparansi publik.

“Iya pemasangan banner itu saat bergulir BLT DD dari tahap pertama aja. Alhamdulillah untuk tahap pertama dan kedua sudah kami salurkan kepada warga masyarakat sesuai peruntukkannya yakni sebesar 600 ribu untuk selanjutnya tinggal nunggu pelaksanaan tahap ketiga. Mudah-mudahan lancar dan tentu-nya bermanfaat bagi warga,” paparnya.

Hal senada dikatakan Raka Aditya, Selaku Bendahara Desa, Pihaknya menuturkan dalam setiap penyaluran atau pendistribusian bantuan sosial selalu berkoordinasi dengan semua lembaga Desa termasuk para Ketua RT dan RW.

“Iya by name by adress by data itu kan semua dari tingkat RT seperti BLT Dana Desa tahun 2020 dalam upaya penanganan Covid-19 saat ini kami sedang menunggu tahap ketiga yang akan disalurkan kepada warga, Dimana hal itu sudah melalui tahapan hasil Musdesus beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Sementara itu Ahmad Zaeni, Ketua RT 11/03 mengaku penerima manfaat BLT Dana Desa tahun 2020 untuk warga-nya saat ini ada dua (2) orang KPM. Masing-masing mendapatkan 600 ribu selama tiga bulan sejak Bulan Mei lalu.

“Alhamdulillah warga saya juga ada dua orang yang dapat BLT DD, Terima kasih kepada Pemdes Cimande semoga bermanfaat bagi warga saya khususnya dan masyarakat Cimande pada umumnya.” pungkas Zaeni menutup pembicaraan. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.