Jelang-Lebaran...97-Warga-Ciawi-Dapat-Uang-Tunai-900-Ribu-dari-Dana-Desa.jpg
Read Time:1 Minute, 46 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Dua minggu menjelang Hari Raya Iedul Fitri 1443 H, Pemerintah Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menggelar kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber dari Dana Desa APBN tahun 2022 tahap pertama untuk 3 bulan yakni Januari, Februari dan Maret perbulan Rp 300 ribu total yang didapatkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp 900 ribu.

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa di Desa Ciawi sebanyak 97 orang dimana sebelumnya sesuai hasil kesepakatan dalam Musdesus dan sesuai aturan Bupati Bogor.

“Iya, Hari ini penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama untuk tahun 2022 di Ciawi sebanyak 97 orang KPM sementara tahun 2021 berjumlah 102 orang. Semua KPM mendapatkan Rp 900 ribu untuk 3 bulan yakni Januari, Februari dan Maret ya perbulannya Rp 300 ribu. Penentuan jumlah itu sesuai aturan Kemendes dan Bupati Bogor,” terang H. Nana Sumarna, S.Ag, Kepala Desa Ciawi yang ditemui seusai kegiatan penyaluran BLT DD pada Senin (18/4/2022).

Saat Kegiatan Berlangsung di Aula Kantor Desa Ciawi Pada Senin (18/4/2022).

Lanjut Nana, Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi menuju endemi, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan bahkan diarea lokasi dilakukan juga program vaksinasi warga.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti dan tadi juga saat penyaluran dihadiri tenaga ahli DPMD ya bahkan disela-sela kegiatan, warga ada yang divaksin,” ucapnya.

Pihaknya berharap dan sekaligus menghimbau kepada KPM agar membelanjakan ke warung terdekat atau tetangga agar terjadi simbiosis mutualisme dan pemberdayaan masyarakat lokal.

“Meskipun nominal harga berbeda tapi kan kalo belanja diwarung tetangga mah suatu saat kalo butuh minimal dia bisa bantu kita. Saran saya sih seperti itu yang tadi disampaikan kepada warga. Mudah-mudahan BLT tersebut betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh warga,” tuturnya penuh ekspektasi.

Sementara itu Iis, Warga Ciawi mengaku senang saat dirinya menerima bantuan langsung berupa uang sebesar Rp. 900 ribu. Rencananya Ia akan belanjakan sembako termasuk stok beras untuk hari Raya nanti.

“Alhamdulillah saya udah terima uang 900 ribu, Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Terima kasih Pak Lurah dan jajarannya. Uangnya mau saya beliin beras dan sembako untuk persiapan lebaran nanti.” pungkasnya.

(Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.