Pangan.png
Read Time:2 Minute, 4 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Kepala Desa Tugu Selatan M. Eko Widiana didampingi Ketua BPD dan Camat Cisarua Heri Risnandar disaksikan lembaga Desa serta berbagai elemen lainnya termasuk Kelompok Tani dan Peternak sapi perah secara resmi membuka kegiatan perdana program Ketahanan Pangan tahun 2023 yang berfokus pada sektor pertanian cabai dari Kelompok Tani (Poktan) Karya Tugu Mandiri dan dari Kelompok Peternak (Poknak) sapi perah Tirta Kencana.

Tema panen raya skala Desa tersebut digelar di area Kelompok Tani (Poktan) beralamat di Kampung Gandamanah, RT 03 RW 12, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa (28/5/2024).

Kegiatan perdana tersebut tentu tidak hanya menjadi moment penting bagi warga Desa Tugu Selatan, Tetapi juga bagi seluruh komunitas disekitarnya yang turut serta dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

Kades Eko Saat Tunjukan Produk Susu Sapi “Segar”.

Menurut Casroni, Koordinator BPP Wilayah 7 menyampaikan bahwa Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri dan peternak sapi perah merupakan salah satu kelompok organik yang ada di Kecamatan Cisarua.

“Sudah beberapa kali binaan kami ini di training, baik di Lembang Bandung maupun di Cianjur bahkan organiknya sudah terverifikasi ya jadi saya patut bersyukur. Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal yang baik untuk program ketahanan pangan kedepan khususnya di Tugu Selatan ini. Selain disini kami juga mengembangkan pertanian paprica diwilayah Desa Citeko,” terang Casroni.

Ditempat yang sama, Kamal, Ketua Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan atau support yang diberikan oleh Pemerintah Desa Tugu Selatan dan lembaga lainnya termasuk Pemerintah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Diakuinya bahwa program ketahanan pangan sejauh ini bukan hanya disalurkan kepada Kelompok Tani semata, Akan tetapi kepada kelompok peternak yang ada diwilayah Desa Tugu Selatan.

“Disini disebutnya home base atau tempat titik kumpulnya para anggota Kelompok Tani dan ini lahan pertama di Poktan Karya Tugu Mandiri. Alhamdulillah terima kasih kami ucapkan kepada Pemdes dan lembaga lainnya atas kepercayaan serta penyertaan modal untuk kami kelola diarea ini,” tuturnya.

Sementara itu, M. Agus Fatoni, Ketua BPD Tugu Selatan mendukung sekaligus mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Desa dan kelembagaan lainnya termasuk kelompok tani dan peternak sapi perah yang ikut andil dalam program ketahanan pangan di Desanya.

“Tiba-tiba ikut panen aja, sementara gak tau nanemnya kapan. Makanya saya merasa bahagia dan perlu kita syukuri bersama atas anugerah dari Allah ini. Saya apresiasi upaya Pemdes Tugu Selatan dan kita support para petani milenial serta peternak yang ada di Desa kita. Mudah-mudahan apa yang kita tanam hari ini berupa kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula dikemudian hari.” pungkasnya.
(FIK/Redaksi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *