Pemdes-Bojongmurni-Ciawi-Gelar-Sosialisasi-Ipal-Komunal-1.jpg
Read Time:1 Minute, 10 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Dibuka oleh Kepala Desa, kegiatan sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) dihadiri oleh warga sekitar dengan sangat antusias dan materi berbagai hal terkait implementasi STBM dipaparkan oleh Fasilitator PUPR Kabupaten Bogor lebih kurang hingga 1 jam dihadiri Ketua RT 1 RW 01 dan warga Kampung Cirantan, Pada Jum’at siang (28/05/2021).

Kegiatan tersebut mengiringi rencana Pemerintah Desa Bojongmurni dalam pembangunan sarana IPAL Septik Tank Komunal di wilayah Kampung Cirantan RT 01 RW 01.

Meski terdapat 15 RT, 4 RW didalam 2 Dusun, dipilihnya Kampung Jambuluwuk merupakan kebijakan Kepala Desa setempat mendasarkan kepada kondisi geografis, dimana banyak rumah warga berada di atas tebing rawan longsor.

Lokasi Pembangunan Ipal Komunal Terletak Dikampung Cirantan RT 1 RW 01 Desa Bojongmurni.

Menurut M. Kusnadi, Kepala Desa Bojong Murni menjelaskan bahwa septik tank yang dibuat warga di setiap rumahnya dihawatirkan memicu longsornya tanah jika dibiarkan.

“Banyak rumah warga yang sudah punya septik tank diatas tebing, sehingga kita akan migrasikan ke septik tank komunal yang akan dibangun di bawah tebing, Adapun luasnya 5×10 meter persegi. Tahun 2018 menerima septik tank jaman kepala desa yang sebelumnya. Alhamdulillah tahun 2021 ini kita dapat bantuan dari APBD Kabupaten Bogor melalui Dinas PUPR untuk program Ipal Komunal,” paparnya.

Menurutnya, Anggaran pembangunan Ipal Komunal tersebut menelan biaya kurang lebih 400 juta rupiah.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ini kita akan segera realisasikan pembangunannya.” tandas Madun sapaan akrabnya. (Dhe/Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.