Aksi Bela Negara Bnpb Gembleng Peningkatan Kapasitas Relawan Covid 19.jpg
Read Time:2 Minute, 25 Second

BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Bertempat di Aula Ibis Style Bogor Raya, Kota Bogor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan BPBD Kota/Kabupaten Bogor serta Kota Depok menggelar kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19. Kegiatan digelar dalam upaya percepatan penanganan dan penanggulangan bahaya Covid-19 dengan pembekalan materi-materi dan wawasan serta edukasi bagi para relawan atau Satgas sebagai agen perubahan perilaku, Dilaksanakan sejak tanggal 7 hingga 11 Juni 2021.

Menurut Lilik Kurniawan, Sekretaris BNPB mengatakan bahwa kegiatan penggalangan dan peningkatan kapasitas relawan covid-19 dalam upaya mengajak semua pihak terutama rekan-rekan relawan untuk bergabung menjadi salah satu bagian atau agen perubahan perilaku khususnya yang ada di Kabupaten/Kota Bogor dan Kota Depok, Pihaknya merekrut sebanyak 1000 orang relawan.

“Alhamdulillah kita bisa berkumpul hari ini dalam upaya mengajak semua pihak terutama rekan-rekan relawan satgas covid-19. Selama 5 hari diberikan pembekalan tentang kerelawanan, penerapan protokol kesehatan, cara mengisi aplikasi Bcl dan bagaimana menjalin komunikasi publik kepada mereka. Sehingga ketika selesai dari sini mereka sudah punya pengetahuan dan wawasan serta siap mensosialisasikan atau mengedukasi kepada warga dilingkungannya masing-masing,” tuturnya di Aula Ibis Style Bogor Raya pada Senin (7/6/2021).

Saat Meninjau Peserta Pelaksanaan Pelatihan Kapasitas Relawan Covid-19.

Pihaknya berharap agar semua elemen mampu berupaya menekan penularan covid-19, Sebagaimana diketahui bersama bahwa pandemi covid sudah mewabah selama 1 (satu) tahun lebih.

“Dampaknya tak hanya di Indonesia, Namun terjadi di Negara-negara lain di dunia dan ini sebagai aksi bela Negara yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Terima kasih kepada Ibu Diah Pitaloka dan Pak Arwan Aras dari komisi VIII DPR RI yang sudah berkenan hadir dan peduli terhadap kebencanaan terutama masalah covid ini,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Pihaknya menyambut baik langkah, terobosan dan upaya BNPB dari sejak awal mewabahnya pandemi covid-19 di Indonesia, Salah satu-nya kata dia terkait kegiatan penggalangan dan peningkatan relawan satgas covid saat ini.

“Kita menyadari bahwa BNPB dan BPBD ada digaris terdepan dalam kebencanaan terutama penanggulangan covid yang terjadi sudah setahun, Ini sangat penting dalam mencari solusi khususnya di Jawa Barat ini seperti gerakan Getok Tular dan Gotong Royong sebagai aksi Bela Negara,” paparnya.

Dirinya berharap disetiap Daerah baik Kota maupun Kabupaten hingga tiap Kecamatan, Desa sampai tingkat wilayah RT/RW dibentuknya Posko Gabungan dari beragam organisasi dan elemen kemasyarakatan untuk meminimalisir serta meningkatkan kesadaran dan aksi nyata dilingkungan masyarakat.

“Iya, Masyarakat diharapkan mampu membantu Pemerintah dalam upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19. Salah satunya dengan kegiatan peningkatan kapasitas relawan satgas covid seperti ini. Bogor Kota atau Kabupaten dan Depok menjadi ring Ibukota termasuk juga di Bekasi yang mobilitasnya sangat tinggi, Kita support penuhlah.” pungkasnya.

Seusai peresmian, Sekretaris BNPB dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI beserta rombongan langsung meninjau pelaksanaan pelatihan kapasitas relawan satgas covid yang dibagi kedalam beberapa Kelas sekadar untuk memberikan support dan semangat kepada para peserta.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 9 =