Berita_20190221143233_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 22 Second

Megamendung, PenaPublik.com – Sebanyak 100 orang santri terdiri dari laki-laki dan perempuan diikut sertakan dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif menjelang perhelatan Pemilu 2019 yang secara serentak dilaksanakan pada Bulan April mendatang.

Kegiatan yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bogor bertempat di Hotel Puri Avia, Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, pada Kamis (21/2).

Dilokasi kegiatan nampak terlihat beberapa pemaparan materi disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten dibidangnya termasuk dari Bawaslu Jawa Barat dan Akademisi.

Menurut Irvan Firmansyah, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif khusus bagi para Santri yang dekat dengan wilayah sini.

“Kami sengaja mengundang beberapa Pondok Pesantren yang terdekat dengan lokasi kegiatan, inti dari kegiatan ini adalah bahwa peran serta masyarakat itu tidak hanya ketika hariha yaitu 17 April mendatang akan tetapi sebelumnya pun itu sangat penting perannya dalam bentuk pengawasan partisipatif menjelang Pemilu 2019,” paparnya.

Irvan Firmansyah, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor

Hal senada dikatakan Abdul Haris, Kordiv Penanganan dan Pelanggaran menuturkan kegiatan yang diikuti oleh para santri ini yang notabene akan menjadi pemilih pemula pada Pemilu April 2019.

“Partisipasi santri bukan hanya hadir pada saat di TPS nanti, tapi juga turut melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pemilu di kabupaten bogor,” jelasnya.

Rina Oktavia, salah satu peserta perwakilan dari Pondok Pesantren Al-Minhaj Caringin, Kabupaten Bogor. Dirinya yang baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini mengakui dengan paparan yang disampaikan kini Ia dan rekan-rekannya jadi lebih tahu seperti apa politik itu sebenarnya.

“Iya buat pengalaman juga jadi kita tau politik yang sebenarnya itu kayak gimana dan lebih tau serta tidak mudah dibodohi.” pungkasnya.

Reporter : Adeas/Taufik
Editor : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.