Selalu-Ada-Hikmah-Dibalik-Musibah..Bantuan-Air-Bersih-Tiba-Warga-Kampung-Rawa-Dulang-Sumringah-1.jpg
Read Time:2 Minute, 2 Second

Cisarua, PenaPublik.com – “Alhamdulillah, Akhirnya hari ini bantuan air bersih sudah tiba di Kampung Rawa Dulang ini, Usai kejadian banjir bandang memang warga disini sempat kesulitan air bersih karena bak penampungan diatas bukit itu rusak tergerus banjir sehingga puluhan warga tidak bisa melakukan aktivitas rumah tangga bahkan air di Masjid inipun kosong tak ada air untuk wudhu,” tutur Yanto, Ketua RW 03, Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kepada PenaPublik pada Rabu sore (20/1/2021).

Masih kata Yanto, Meskipun sebelumnya Ia mendengar ada janji dari Damkar unit Ciawi yang akan datang kelokasi memberikan bantuan air bersih, Namun yang ditunggu-tunggu belum juga hadir. Dirinya dan puluhan warga sekitar tidak lantas berkecil hati, Siang menjelang sore hari tepat pukul 14.30 WIB sebuah kendaraan truck penampung air bersih pun datang menghampiri lokasi.

“Terima kasih, Kami ucapkan kepada pihak Management Muhammadiyah yang sudah memberikan bantuan beripa air bersih untuk kepentingan warga disini. Juga kepada para seluruh donatur yang sudah memberikan semua bansosnya semoga diberikan pahala yang setimpal oleh Allah SWT,” ucapnya sumringah.

Yanto, Ketua Rw 03,Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan

Sementara itu, Darmawan, Ketua MDMC Kota Depok Bantuan air bersih dari MDMC atau Muhammadiyah Disaster Management Center Kabupaten Bogor dan Kota Depok, Saat ditemui dilokasi menuturkan bahwa informasi terkait kesulitan sarana air bersih dilokasi bencana Kampung Rawa Dulang didapat dari FPRB via share berita.

“Iya, sesuai yang dibutuhkan oleh warga sekitar yang mengalami kesulitan air bersih informasi didapat dari FPRB juga dari share berita Pena Publik, Kemudian setelah melihat kondisi yang ada kami membantu juga untuk para relawan berupa logistik yang diperbantukan dilokasi bencana,” terangnya.

Hal senada dikatakan Nana, ketua MDMC Kabupaten Bogor yang datang kelokasi bersama rekannya mengaku sudah berkoordinasi dengan PLN dalam upaya membenahi apa-apa yang menjadi kebutuhan vital seperti sarana air bersih dan yang lainnya.

“Alhamdulillah kita sudah sampai dilokasi dan setelah di assesment kebutuhan-kebutuhan yang mendesak. Memang sarana air bersih cukup vital karena pipa saluran sumber mata air terbawa longsoran sehingga ini harus cepat direspon. Hari ini kami langsung turunkan air bersih untuk mengurangi kesulitan warga disini,” paparnya.

Menurutnya, Dilokasi tersebut juga harus ada sentuhan yang lebih seperti bantuan logistik dan sarana lainnya sebagai penunjang.

“Kalau bicara trauma atau rasa takut pastinya ada di sebagian warga dan itu akan kita lihat perkembangan kedepannya. Bahkan jika memang dibutuhkan team psycho social? Maka kami dari MDMC Kabupaten Bogor akan segera meluncurkan team.” tutupnya mengakhiri pembicaraan. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.