Angin-Kencang-dan-Hujan-Es-Guyur-Area-Tamansari-Bangunan-Wisata-Setu-Porak-Poranda.jpg
Read Time:1 Minute, 57 Second

Tamansari, PenaPublik.com – Hujan deras beserta angin cukup kencang melanda wilayah Kabupaten Bogor bagian Selatan pada Sabtu sore (14/11/2020), Mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan bangunan rumah warga mengalami kerusakan cukup parah, salah satu area terdampak adalah objek wisata Setu Tamansari yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor pada Sabtu sore sekitar pukul 16.30 WIB hingga lebih dari 2 jam peristiwa tersebut sontak membuat warga sekitar waspada karena selain hujan deras turun juga berupa gumpalan es berukuran kecil menjatuhi atap-atap rumah warga.

Warga sekitar mengakui bahwa hujan es memang terjadi saat angin bertiup cukup kencang, bahkan beberapa bangunan berstruktur bambu yang ada di area Setu Tamansari hampir semua roboh tertiup hingga terbang ke tempat lain, beruntung kejadian tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa hanya kerusakan diperkirakan mencapai jutaan rupiah, Dan esok harinya pihak terkait melakukan penanganan secara intensif.

Bangunan fasilitas wisata di lokasi itu terhitung baru dan masih dalam tahap perapihan, Menurut Mulyana, Salah seorang warga menuturkan bahwa beberapa rumah warga juga ada yang tertimpa robohnya pohon, Ia mengetahui kejadian tersebut dari media sosial dan Whatsapp Grup.

Kondisi Setu Tamansari Setelah Diterjang Angin Kencang Dan Hujan Es Pada Sabtu (14/11/2020).

“Beberapa unit rumah warga di bawah juga rusak atapnya ketiban pohon, di setu taman malah semua saung yang baru dibangun ancur tertiup angin hingga terbang entah kemana,” tuturnya pada Sabtu malam (14/11).

Sementara itu saat PenaPublik menemui Sunandar, Kepala Desa Tamansari diruang kerjanya menuturkan, Dalam peristiwa tersebut sedikitnya 27 rumah warga rusak, dimana 4 (empat) diantaranya mengalami rusak berat yang terletak diwilayah RW 05.

Selain itu kata Sunandar, Semua fasilitas yang ada di Setu Tamansari dan belum lama dibangun itu rata diterjang angin puting beliung.

‚ÄúSetelah kami hitung, kerugian yang dialami warga termasuk fasilitas Setu Tamansari totalnya mencapai Rp 100 jutaan. Kami sudah berkoordinasi dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kecamatan, BPBD dan pihak terkait. Mudah-mudahan segera ditindaklanjuti,” terangnya pada Senin (16/11).

Ditempat berbeda Bayu Ramawanto, Camat Tamansari, Pihaknya mengatakan bahwa hal tersebut kita sedang berupaya merekap data lalu hasilnya nanti akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui BPBD.

“Usai kejadian pihak BPBD langsung meluncur kelokasi setelah itu akan melakukan assesmen yang mana disana nanti akan ditentukan beberapa kategori rusaknya itu ringan, sedang atau berat dan nantinya akan diberikan bantuan sesuai dengan kapasitasnya.” pungkas Bayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *