Berita_20190107104956_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 44 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Adanya keinginan warga masyarakat Bogor Selatan yang ingin memekarkan diri dan terpisah dari Kabupaten induk terutama digagas oleh para aktivis dan tokoh muda di wilayah Dapil III Kabupaten Bogor mencakup 7 Kecamatan diantaranya Cisarua, Megamendung, Ciawi, Caringin, Cijeruk, Cigombong dan Tamansari mendapat tanggapan serius dari salah satu Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua.

Max Sopacua, mantan penyiar TVRI di era tahun 80/90-an datang dan hadir dengan stelan kaos team Sepak Bola kebanggaan masyarakat Jawa Barat yakni Persib Bandung bertemu dengan beberapa warga Kecamatan Ciawi yang tergabung dalam Forum Masyarakat Ciawi Peduli (Formacip), pertemuan tersebut bertempat di Cafe Kuda Jalan Veteran II, Telukpinang, Ciawi, pada Minggu (6/1).

Menurut Max sapaan akrabnya, Ia mengatakan Kalau sudah ada keinginan untuk memekarkan Bogor Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) maka yang pertama di lakukan adalah pertama membuat surat pernyataan dari semua komponen masyarakat seperti
Tokoh masyarakat, Alim Ulama, para pemangku kebijakan yang terdiri dari para Kepala Desa. Kedua memiliki alasan-alasan yang rasionil, mengapa harus menjadi Kabupaten sendiri?.

“Bisa saja salah satu alasannya karena luasnya Kabupaten Bogor yang memiliki sumber-sumber yang bisa berfungsi sebagai PAD seperti kawasan pariwisata, tingkat pemerataan dalam kesejahteraan dan masalah pendidikan serta kesehatan masyarakat yang kurang mendapat perhatian,” terangnya.

Mantan Penyiar TVRI era 80/90-an di tengah-tengah Formacip

Oleh karena itu masih kata Max, Bisa ditambahkan dengan data-data lainnya dan beberapa usulan ini segera disampaikan ke Kabupaten Induk agar bisa diverifikasi dan ditindak lanjuti ke Provinsi kemudian ketingkat Pusat.

“Kalau saja Allah mengijinkan saya terpilih sebagai wakil dari Kabupaten Bogor, maka saya akan mengawal proposal tersebut sampai ke tingkat pembahasan dengan Mendagri,” tandas Max yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan Kabupaten Bogor ini.

Ditempat yang sama Abdul Holik, Warga Desa Bendungan yang tergabung dalam kepengurusan Forum Masyarakat Ciawi Peduli (Formacip) mengatakan sementara ini akan lebih fokus di bidang pemberdayaan masyarakat.

“Formacip sebagai lembaga sosial yang akan fokus pada permasalahan masyarakat sekitar wilayah Ciawi dan sementara ini fokus dibidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terutama kepemudaan.” singkatnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.