Bukti-Gotong-Royong-Masih-Ada-Warga-Ciawi-Perbaiki-Jaling-Secara-Swadaya.jpg
Read Time:1 Minute, 45 Second

Ciawi, PenaPublik.com – Jalan lingkungan atau akses penghubung antara dua wilayah RW yakni 02 dan 03 tepatnya Gang Swadaya II yang terletak di Kampung Ciawi RT 04 RW 02, Desa Ciawi mengalami longsor pada Kamis pagi (5/11/2020) sekitar pukul 08.00 WIB dan saat ini nampak terlihat warga masyarakat sekitar tengah bergotong-royong memperbaiki tembok penahan tebing yang terkena longsoran akibat hujan deras.

“Iya kejadian longsornya sih pada hari Kamis pagi sekitar pukul 08.00 WIB, Akibat hujan deras saat itu kebetulan saya turut menyaksikan kejadiannya. Alhamdulillah sih tidak ada korban jiwa,” tutur Nana Mulyana, Ketua RT 04 saat ditemui dilokasi pembangunan pada Rabu (11/11).

Setelah kejadian tersebut kata Nana, Pihaknya bersama warga setempat langsung inisiatif menggalang swadaya dan gotong-royong melakukan kerja bakti agar jalan tersebut bisa dilalui kembali oleh warga.

Akses Warga Digang Swadaya II Ciawi Dalam Proses Pengerjaan

“Kalo dari instansi terkait sih sementara ini belum ada, Kecuali dari pribadinya Pak Kades beliau ngasih 1 engkel pasir sama buat konsumsinya. Jadi ini hasil murni swadaya warga RT 4/02 dan RT 3/03 dan kemarin itu uang terkumpul sebesar 8 jutaan langsung dibelanjakan untuk batu kali,split, semen dan material lainnya,” papar Nana.

Pada awalnya sebelum kejadian longsor kata Nana anggaran untuk pengerjaan TPT tersebut kurang lebih Rp 10 jutaan. Namun jika melihat kondisi sekarang pastinya lebih dari itu.

“Ya kalo sekarang mah kurang lebih 20 jutaan lah. Gang Swadaya II ini menghubungkan dua RW yakni 2 dan 3 yang cukup ramai juga dilalui warga karena akses menuju Jalan Raya juga sering dilalui oleh anak sekolah dan para orangtua murid,” jelasnya.

Sementara itu M. Thoha, Sekdes Ciawi saat ditemui diruang kerjanya mengapresiasi upaya yang tengah dilakukan warga terutama di RT 4 RW 02 dan terkait hal tersebut pihaknya mendengar bahwa Kepala Desa Ciawi memberikan intruksi kepada seluruh Ketua RT/RW agar ikut membantu kegiatan gotong-royong bersama warga setempat.

“Iya pak Kades pernah memberikan intruksi bahwa hari Sabtu lusa semua Ketua RT dan RW agar bisa ikut serta membantu gotong-royong bersama warga memperbaiki Jalan di Gang Swadaya tersebut.” tandasnya.

Reporter : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *