Bupati-Bogor-BPBD-dan-Pemdes-Tugu-Selatan-Segera-Bentuk-Destana.jpg
Read Time:1 Minute, 13 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin, Dalam kunjungan kelokasi banjir bandang Gunung Mas pada Jum’at (22/1/2021) mengatakan bahwa para pengungsi akan dikembalikan ke kediamannya masing-masing terhitung mulai Hari Sabtu (23/1).

“Iya, Karena dinilai sudah kondusif artinya tidak berpotensi bencana alam susulan, Maka mulai besok korban bencana tanah longsor dan banjir bandang yang saat ini mengungsi akan kembali ke rumahnya masing-masing,” ucapnya kepada awak media, Pada Jum’at (22/1).

Namun demikian kata Ade, Sebelum para korban bencana alam menuju rumahnya masing-masing, Pihaknya akan mendukung kebutuhan masyarakat perumahan karyawan PTPN VIII Blok C Kampung Rawa Dulang.

Menko PMK dan Bupati Bogor Saat Meninjau Lokasi Bencana Banjir Bandang Gunung Mas

“Beberapa kebutuhan mereka mulai beras hingga popok bayi dan yang lainnya akan kami support,” jelasnya.

Bersama Badan Informasi Geospasial (BIG), Pemkab Bogor akan melakukan mitigasi bencana alam. Untuk rumah warga perumahan karyawan PTPN VIII yang berada di zona merah rawan bencana alam akan diupayakan untuk direlokasi.

“PTPN VIII bekerjasama dengan BIG dan Pemkab Bogor akan melakukan mitigasi bencana alam, kalau rumahnya rawan bencana alam akan direlokasi dan untuk lahan kritis akan ditanami pohon keras dan vetiver,” kata Ade.

Dia juga menjelaskan, BPBD bersama Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat akan membentuk relawan Desa Tangguh Bencana (Destana).

“Kedepan, Pemkab Bogor dibantu Relawan Destana direncanakan akan menanam pohon keras di lahan-lahan kritis, membersihkan sampah dan lainnya yang bisa mencegah bencana alam tanah longsor dan banjir bandang.” tandasnya. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *