Dapat-Program-P3-TGAI-Cikupa-Ini-Kata-Warga-Desa-Jambuluwuk-Ciawi.jpg
Read Time:1 Minute, 19 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program dari Kementerian PUPR dalam upaya peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitas dan peningkatan jaringan dengan cara pemberdayaan masyarakat.

Di tahun 2022 ini, Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor mendapat kesempatan untuk menikmati program tersebut dan proses pengerjaannya melibatkan warga setempat dengan total anggaran senilai Rp.195 juta sumber APBN.

“Iya beberapa warga yang ada di 3 RT dilibatkan dalam pengerjaan ini termasuk saya, Syukur alhamdulillah,” ujar salah seorang warga RT 1 RW 06 kepada PenaPublik dilokasi kegiatan pada Sabtu (2/7/2022).

Papan Proyek P3-TGAI Yang Terpapang Dilokasi Pengerjaan.

Ditempat yang sama, Alfi, Sekretaris Kelompok Tani Karakal Berkah Mandiri (KBM) mengatakan bahwa pengerjaan proyek tersebut ditargetkan selama kurang lebih 14 hari kerja.

Ia menambahkan, Mengingat kondisi tanah yang tidak rata dan cuaca yang tidak bisa diprediksi saat ini, pihaknya berharap pengerjaan akan selesai sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan.

“Pekerja 12 orang melibatkan dan memberdayakan warga lokal, target pengerjaan 14 hari kerja dengan volume panjang 500 meter persegi dan lebarnya 30 centimeter dengan ketinggian 40 cm hingga dasar atau bila memungkinkan untuk ketinggian kita sesuaikan dengan undakan sawah. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana bahkan bisa kurang dari 2 minggu pengerjaannya,” terang Alfi yang juga pengurus LPM Desa Jambuluwuk.

Masih kata Alfi, Proyek kegiatan tersebut tak terlepas koordinasi dengan pihak Pemdes Jambuluwuk termasuk dengan Kadus.

“Alhamdulillah, Tadi pagi juga hadir perwakilan Pemerintah Desa ada Pak Ahmad, Ketua LPM dan Kadus 2. Ya, Minimal ada pantauan dari pihak tersebut.” tandasnya. (Wa/Fik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.