Disdik Kota Bogor Gembleng Pendidikan Karakter (1)
Read Time:2 Minute, 14 Second

Bogor, PenaPublik.com – Dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, Dinas Pendidikan Kota Bogor melalui Kesiswaan bidang SMP menggelar kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter bagi siswa-siswi SMP yang mana didalamnya merupakan salah satu program solusi untuk membentuk kedisiplinan siswa di sekolahnya masing-masing.

Selain itu juga bertujuan agar para siswa maupun siswi senantiasa membiasakan diri menumbuhkan kesadaran dan budi pekerti serta melaksanakan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat seperti gotong-royong, sopan santun, saling menghormati satu sama lain sehingga dapat membentuk karakter dan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu, berkualitas serta mampu berdaya saing kearah yang lebih baik.

Kegiatan berlangsung selama tiga (3) hari sejak tanggal 9 hingga 11 September 2019 yang digelar secara indoor dan outdoor dengan jumlah peserta sebanyak 106 orang siswa-siswi dari 123 SMP se-Kota Bogor baik Negeri maupun Swasta dengan melibatkan Tim Satgas Pelajar yang bertempat di Hotel Pesona Anggraeni, Jalan Raya Puncak, Kampung Balekambang RT 01, RW 01, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Menurut Wasi Jatmiko Nugroho, S.Si, Kasi Kesiswaan Bidang SMP saat dijumpai disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pendidikan karakter bagi siswa-siswi tingkat SMP se-Kota Bogor ini memang merupakan salah satu program kesiswaan SMP yang kaitannya dengan penguatan dan pendidikan karakter.

“Secara kebetulan bertepatan dengan beberapa program dari Pak Kadisdik dan Pak Walikota Bogor diantaranya mencanangkan pendidikan anti korupsi, keselamatan lalu lintas dan pendidikan toleransi. Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, Alhamdulillah semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana meskipun waktunya hanya 3 hari,” terang Miko sapaan akrabnya yang juga Ketua Umum Satgas Pelajar Kota Bogor.

Kegiatan dilakukan secara indoor dan outdoor

Diakuinya, Pendidikan dan penguatan karakter itu disadari atau tidak merupakan penentu masa depan peserta didik yang ditunjang oleh sikap jujur dan memiliki prinsip terlebih lagi pada masa usia remaja.

“Sesuai arahan Pak Wali yang pernah menyampaikan dalam sebuah acara pada saat di SMP 5 yakni sebuah pesan moral seribu kalimat positif (serbukatif), Kalimat tersebut sangat pas dan cocok dengan kegiatan yang kami laksanakan ini,” tuturnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Alam Surya Atmaja, Salah satu narasumber yang memberikan materi ESQ dan motivasi penguatan bagi peserta didik. Selain itu juga dirinya mengapresiasi antusiasme para peserta kegiatan.

“Yang menentukan kesuksesan kita bukan hanya dari hard skill-nya saja akan tetapi ditunjang oleh soft skill salah satunya adalah pendidikan karakter, tanggung jawab, kemandirian dan lain sebagainya. Peran kedua orang tua dan lingkungan keluarga sangat mempengaruhi dari pendidikan karakter itu sendiri. Kami berharap setelah kegiatan ini nanti para peserta mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi teman-teman baik itu dilingkungan tempat tinggal maupun di sekolahnya masing-masing.” pungkas Alam penuh ekspektasi.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.