Gotong-Royong-Dilokasi-Bencana-Batulayang-Camat-Ivan-Lirik-Rumah-Tua-Bilik-Bambu.jpg
Read Time:1 Minute, 59 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Pasca bencana angin puting beliung yang terjadi pada Senin sore (6/6/2022) sekitar pukul 14.30 WIB di Kampung Batukasur RT 1 dan 6 wilayah RW 03, Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua secara serentak warga masyarakat sekitar melakukan kegiatan gotong royong dalam upaya membantu para korban terdampak yang rumahnya tersapu angin.

Dilokasi bencana nampak hadir antara lain Muspika Cisarua, Kepala Desa Batulayang beserta staf, relawan kebencanaan, Karang Taruna Kecamatan Cisarua, Dinsos, Tagana, TKSK, BPBD dan team lainnya mengunjungi beberapa rumah warga yang terdampak.

“Iya akibat kejadian angin puyuh sore kemarin yang kita dibutuhkan yaitu 16 lembar asbes beserta noc-nya 2 biji dan paku mungkin itu ya,” ujar Ciah (48 tahun) salah seorang warga Kampung Batukasur RT 1 RW 03 yang hidup sebatang kara sepeninggal suami dan anaknya.

Camat Ivan Saat Kunjungi Rumah Tua Puluhan Tahun Yang Terdampak Bencana Angin Puting Beliung Dibatulayang Cisarua.

Sementara itu menurut Ivan Pramudia, Camat Cisarua didampingi Kasi Trantib dan Polsek serta Koramil mengatakan setelah memantau kondisi dan situasi terkini dilokasi bencana pihaknya akan terus melakukan upaya preventif sekaligus koordinasi melalui dinas terkait juga Pemerintah Desa Batulayang.

“Alhamdulillah, Hari ini kita datang dan hadir disini sekaligus memantau keadaan. Rumah-rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung akan segera kita perbaiki dan menurut informasi jumlah rumah yang rusak sekitar 64 unit rumah,” paparnya pada Selasa pagi (7/6).

Masih kata Ivan, Bantuan juga datang dari Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

“Iya Dinsos hadir dan berikan bantuan berupa sembako, selimut juga terpal untuk bisa dipakai oleh warga terdampak kalau pun masih kurang nanti kita koordinasi lagi dengan Kades,” jelasnya.

Saat ditanya soal rumah tua dengan ornamen berdinding bilik yang nampak terlihat usang dan rusak terutama pada atapnya, Ivan mengatakan akan diupayakan masuk kedalam program rutilahu.

Bantuan Sembako Untuk Korban Terdampak Bencana Didesa Batulayang Cisarua Diberikan Secara Simbolis.

“Soal itu kita akan coba koordinasi terutama dengan pihak Desa ya agar bisa dibantu melalui program rutilahu tetapi melihat alas hak-nya terlebih dahulu,” kata Ivan.

Ditempat yang sama, Milka Yulianti, Sub Koordinator Dinas Sosial Kabupaten Bogor mengatakan pihaknya turut membantu dalam penanganan pasca bencana tersebut.

“Iya, Kami berikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 30 bungkus, terpalnya 7 pics, Alas tidur 5 lembar, Selimut tidur 5 pics juga makanan dan minuman untuk bayi. Jika memang masih butuh ya nanti tinggal kita koordinasi lagi.” tandasnya. (FIK/J1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.