Inisiasi-Kerja-Bakti-Disungai-Cisarua-Aktivis-Pepeling-dan-Pjs-Citeko-Apresiasi-Koramil-2124-1.jpg
Read Time:2 Minute, 24 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Koramil 2124 Cisarua-Megamendung yang diketahui sebagai inisiator atau penggagas dari kegiatan karya bakti TNI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-75, Melakukan kegiatan bersih-bersih sampah dilingkungan sekitar Pasar dan Sungai Cisarua pada Sabtu kemarin (15/08/2020) mendapat berbagai tanggapan positif salah satunya dari Komunitas Pepeling (Penggiat Pelestari Lingkungan), Pjs Kepala Desa Citeko dan Ormas Pemuda Panca Marga yang ambil bagian dalam aksi tersebut.

“Terima kasih kepada Danramil Cisarua-Megamendung telah mengundang kami dari Pepeling dalam acara bebersih Sungai Cisarua, Semoga kegiatan ini bukan hanya disitu saja akan tetapi berkelanjutan supaya dapat mengedukasi kepada masyarakat sekitar agar tidak buang sampah sembarangan ke sungai,” ucap Solihin Fauzi, Aktivis Pepeling salah seorang warga Desa Kopo seusai kegiatan.

Menurut Iink biasa disapa, Saat ditanya apakah termasuk berbuat zolim jika ada orang yang dengan sengaja membuang sampah sembarang tempat terlebih lagi di Sungai?, Dengan tegas Ia mengatakan bahwa perbuatan tersebut itu zolim dan dalam agama pun sangat dilarang karena hukumnya berdosa serta bisa berdampak pada manusia lainnya juga ekosistem didalamnya.

Pjs Kades Citeko Bersama Stafnya Ikut Aksi Mungut Sampah

“Saya harap kepada stakeholder yang ada diwilayah Cisarua bisa mencontoh kegiatan dari Koramil tersebut baik dari Hulu seperti TSI, Para pemilik Hotel, Pengelola Pasar Cisarua dan yang lainnya karena ini juga tidak bisa dilakukan secara individu saja melainkan juga harus bersama-sama. Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan juga menjadi satu keharusan,” kata Solihin.

Menurutnya, Sungai Cisarua ini diketahui dan dilintasi oleh beberapa Desa, Selain itu pun dia berharap ada sinergitas dari Desa-desa tersebut,”Selain warga masyarakat, Pemerintah Desa agar turut serta memelihara, merawat
dan menjaga Sungai Cisarua karena untuk kepentingan masyarakat banyak bahkan nanti-nya bisa sampaihingga ke hilir,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Badrudin, Pjs Kepala Desa Citeko, Dirinya yang turun bersama para aparatur Desa beserta 10 orang Linmas dan juga kader ecovillage Desa mengapresiasi apa yang digagas dan diinisiasi oleh Danramil Cisarua khususnya dalam kegiatan bebersih tersebut.

“Iya Danramil sebagai inisiator mencoba memberikan contoh dalam kegiatan membersihkan sampah ini dan tentunya harus dilakukan secara terus menerus berkesinambungan. Saya ucapkan terima kasih semoga bisa menjadi motivasi bagi instansi atau elemen lainnya.” tandas Badrudin.

Salah seorang anggota Pemuda Panca Marga mengaku pihaknya turut berterima kasih sudah bisa dilibatkan dalam kegiatan positif tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih khususnya Koramil Cisarua, Pak Camat dan jajarannya. Dikemudian hari jika ada aksi atau giat seperti ini lagi inshaa Allah kami akan bergabung kembali,” tuturnya.

Saat ditanya bagaimana melihat dan menyaksikan kondisi Sungai Cisarua yang sudah sedemikian rupa ini, Ia hanya geleng-geleng kepala dan merasa prihatin.

“Iya ini kondisinya menyeramkan saya miris melihatnya banyak banget sampah dengan berbagai jenis, Saya berharap warga masyarakat atau pelaku usaha juga bisa ngebuka serta terketuk hatinya agar mencintai lingkungan seperti halnya Sungai Cisarua ini jangan sampai hancur ekosistem didalam Sungai tersebut, Kasian generasi penerus nanti.” pungkasnya.

Reporter : Taufik

Editor : Iwn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.