Berita_20190218161352_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 51 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bupati dan Wakil Bupati Bogor menghadiri Grand Launching Hotel Bayak, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, pada Senin (18/2).

Yang menarik adalah Hotel Bayak ini merupakan yang pertama di Kabupaten Bogor yang pengelolaannya dilakukan oleh Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cipayung, Kecamatan Megamendung meskipun secara kewilayahan itu tepat berada tak jauh dari Desa Cilember, Kecamatan Cisarua.

Menurut Hj. Ade Munawaroh Yasin, Bupati Bogor yang ditemui para awak media seusai kegiatan mengatakan bahwa terobosan dan gebrakan baru yang dilakukan BUMDes Cipayung dalam pengelolaan Hotel merupakan yang pertama di Kabupaten Bogor.

“Ya bagus ini untuk Pilot Project bagi BUMDes di wilayah Desa lainnya, Saya sangat menyambut baik upaya dari Pak Kades dengan BUMDes-nya untuk mengelola Hotel. Selain itu ini dalam rangka memberdayakan masyarakat Desa juga melatih mereka untuk terjun di dunia usaha dan berharap kedepannya akan semakin diminati dan berkembang di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Nampak Resepsionis Siap Melayani

Oleh karena itu kata Bupati, Wilayah Cipayung dan sekitarnya hingga Cisarua ini merupakan kawasan Wisata dimana didalamnya banyak pelaku usaha dibidang Hotel dan Restoran serta tempat wisata lainnya.

“Ini sangat nyambung sekali dengan wilayah disini, dan nanti akan didorong juga untuk mendirikan BUMDes dengan bisnis yang berbeda. Makanya tadi juga Saya sarankan kepada pihak Hotel agar memakai produk UMKM misalnya ucapan selamat datang dengan disuguhi Kopi Cibulao sehingga Kopi Bogor menjadi terkenal jadi semua bisa merasakan manfaatnya,” terang orang nomor wahid di Bumi Tegar Beriman tersebut.

Beberapa Camat dan Kepala Desa hadir bahkan ada yang sengaja datang dari wilayah Bogor Barat, Utara dan Timur, Sementara Camat Cisarua nampak tidak terlihat dalam kegiatan tersebut.

Saat disinggung ketidak hadiran Camat Cisarua dalam kegiatan tersebut pihaknya menyebut bahwa itu masalah tekhnis bukan kewenangannya.

“Soal ketidakhadiran itu urusan teknis coba tanyakan saja sama Lurah atau Kadesnya bukan urusan Saya,” singkatnya.

Sementara itu Lukmanul Hakim, Kepala Desa Bantarsari, Kecamatan Ranca Bungur mengaku sengaja datang meskipun cukup jauh, karena memang diundang dan penasaran juga seperti apa capaian BUMDes Cipayung dalam mengelola Hotel ini menjadi inspirasi bagi Desa-Desa lainnya.

“Ide dan gagasan dari BUMDes dalam mengelola Hotel, tentu ini menjadi inspiratif juga buat kami para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bogor. Selamat dan sukses untuk Desa Cipayung.” pungkasnya memuji.

Reporter : Taufik/Nay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *