Pilkada.png
Read Time:2 Minute, 0 Second

CISARUA, PENAPUBLIK.COM – Panwascam Cisarua menggelar tahapan Pilkada serentak berupa bimbingan teknis (Bimtek) pengawas Pemilu bagi Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Cisarua pada Pilkada serentak tahun 2024 yang sedianya akan digelar pada 27 November mendatang.

Selain komisioner Panwas, PPK Kecamatan Cisarua dan narasumber yang kompeten dibidangnya, Kegiatan bimtek dihadiri 10 orang Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Cisarua pada Senin (3/6/2024).

Menurut Yufti Yusup, Komisioner Panwascam Divisi HP2HM (Hukum Pencegahan Partisipasi dan Hubungan Masyarakat) mengatakan bahwa kegiatan bimtek bagi PKD merupakan tahapan menjelang Pilkada 2024 seusai pelantikan dilangsungkan pada Minggu (2/6).

“Jadi hari ini Senin tanggal 3 Juni sesuai arahan Bawaslu Kabupaten, kita laksanakan kegiatan bimbingan teknis bagi 10 orang PKD yang telah dilantik kemarin dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024 yang sedianya akan digelar pada 27 November mendatang. Saya ucapkan selamat kepada PKD yang telah dilantik dan diambil sumpah janjinya, semoga mampu dijalankan dengan baik,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Asep Hadiyanto, Pemateri bimtek kepemiluan memaparkan secara teknis apa saja tahapan yang akan dilalui oleh rekan-rekan PKD sebelum dan setelah Pilkada serentak nanti.

Sesi Photo Bersama Komisioner Panwascam, PPK, PKD dengan Pemateri Bimtek Pada Senin Siang (3/6/2024).

“Pertama saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan PKD yang telah dilantik semoga bisa menjalankan dengan profesional dan benar sesuai dengan regulasi dan terpenting kita juga harus percaya diri karena kita dilahirkan oleh Undang-undang jadi kita sebagai pengawas itu bukan abal-abal ya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ia berpesan kepada rekan-rekan PKD karena dalam aktivitasnya berhubungan dengan para peserta atau kontestan Pilkada termasuk juga timses ditingkat Desa dan unsur lainnya.

“Misi Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang terpercaya dan menjadi garda terdepan dalam pengawasan partisipatif sehingga bisa dipertanggungjawabkan dimata masyarakat secara umum. Hasilnya pun bisa berkualitas dan bermartabat. Mudah-mudahan seluruh PKD dan penyelenggara Pemilu lainnya diberikan kesehatan lahir bathin, Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif, sukses tanpa ekses,” paparnya.

Hal senada menurut Ahmad Mudrikah, Mewakili PPK Cisarua sekaligus pemateri bimtek berharap pelaksanaan Pilkada serentak sebagai salah satu penyelenggara mampu bekerjasama dengan baik.

Menurutnya, Tahapan Pilkada serentak itu terdapat dalam aturan PKPU nomor 2 tahun 2024 untuk tahapan Pemilihan Gubernur/wakil, Bupati/wakil maupun Wali Kota dan wakil.

“Alhamdulillah Pemilu bulan Februari lalu kita semua bisa membuktikan kerjasama dengan baik. Selamat kepada rekan-rekan PKD yang kemarin pada Hari Minggu telah dilantik semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik mungkin.” pungkasnya. (Fik/Redaksi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + eleven =