Kementerian Pariwisata RI dan Akademisi _PenaPublikcom
Read Time:1 Minute, 38 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Usai mengunjungi Desa Wisata Batulayang, dua hari kemudian Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bersama para akademisi mewakili Universitas Bunda Mulia Jakarta juga menyambangi Desa Wisata Kampung Sawah, RT 2 RW 02, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua. Para rombongan disambut hangat dan ramah oleh warga Kampung Sawah, para pengurus Desa Wisata dan Ketua Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor bertempat diruang kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Assalam, pada Sabtu (06/07).

Badrudin, Pjs Kepala Desa Cilember Kecamatan Cisarua dalam sambutannya mengaku bangga dan senang atas kedatangan pihak Kementerian Pariwisata RI dan Akademisi perwakilan Universitas Bunda Mulia Jakarta yang sudah berkunjung dan singgah di salah satu Kampung wisata yang menyediakan beberapa home stay bagi para pengunjung.

“Supaya Kampung Wisata ini bisa menjadi ikon yang diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, dan Pemerintah Desa harus mendukung dan mensupport masyarakat Desa Cilember. Jadi intinya saya berharap semua masyarakat di Desa Cilember ini harus beunghar(kaya),” tuturnya.

Warga Kampung Sawah Cilember saat diberikan materi pelatihan

Hal senada dikatakan Abas Helmi, Ketua Desa Wisata Cilember mengaku senang dan bangga karena wisata Kampung Sawah mendapat kunjungan dari Kementerian Pariwisata RI yang bekerjasama dengan akademisi dari Universitas Bunda Mulia Jakarta memfasilitasi dan memberikan pelatihan untuk warga disini.

“Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI dan para akademisi Universitas Bunda Mulia yang ikut serta memberikan pelatihan kepada warga disini, tentu ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya. Mudah-mudahan kedepannya Desa Wisata Kampung Sawah ini menjadi lebih baik lagi dan layak untuk berkembang,” ungkapnya bangga.

Sementara itu Deni Amarullah, Ketua Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor mengatakan bahwa dalam pengembangan Desa Wisata keikutsertaan warga masyarakat sangat dibutuhkan.

“Bagi kami di Asosiasi, Ini adalah satu program pemberdayaan masyarakat peningkatan kapasitas untuk masyarakat di Desa Wisata bekerjasama dengan akademisi dan disupport langsung oleh Kementerian Pariwisata RI untuk lebih meningkatkan. Jadi intinya target kami keseluruhan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bogor harus mendapatkan pelatihan dan pengembangan seperti ini.” pungkasnya penuh harap.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.