Home-Stay-Milik-Warga-Kampung-Sawah-Cilember_PenaPublik
Read Time:1 Minute, 28 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Desa Wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Pengembangan dari desa wisata harus direncanakan secara hati-hati agar dampak yang timbul dapat dikontrol.

Berdasarkan penelitian dan studi-studi dari UNDP/WTO serta beberapa konsultan Indonesia, dicapai dua pendekatan dalam menyusun rangka kerja atau konsep kerja dari pengembangan sebuah Desa menjadi Desa Wisata.

Pengembangan Desa wisata khususnya di Kabupaten Bogor sejauh ini berupaya melakukan hal tersebut dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan meskipun dalam perjalanannya juga membutuhkan sebuah komitmen. Komitmen tersebut bukan hanya dari masyarakat itu sendiri melainkan dari berbagai pihak diantaranya lembaga bersama perangkat Desa dan komitmen dari lembaga-lembaga swasta lainnya yang bisa menjadikan dan memajukan Desa tersebut.

Menurut Rulyta M Rachmaesa Kasubbid kemitraan usaha masyarakat mengaku terkesan dan berharap semoga Desa Wisata Cilember melalui Kampung Sawahnya ini bisa terus maju dan berkembang.

“Untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan peran serta warga masyarakat yang tentunya support dan didukung juga oleh Pemdes Cilember dalam hal ini. Dan Kmpung Sawah sebagai Desa Wisata diketahui sekarang sudah memiliki sekitar 40 hingga 50 home staynya itu makin maju dalam menerima wisatawan lebih banyak dan bisa bermanfaat serta berdampak bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Hal senada dikatakan Rianto, Dosen Akademi Pariwisata Bunda Mulia dan salah satu dewan penasehat di Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor, Dirinya amat terkesan dengan sambutan hangat dari warga Kampung Sawah.

“Yang menjadi modal utama adalah masyarakat, Saya lihat dan perhatikan Desa Cilember dengan Wisata Kampung Sawah ini, Masyarakatnya sudah betul-betul menginginkan Kampung atau Desanya itu menjadi destinasi wisata. Dan Saya yakin banget kalo masyarakatnya kompak dan serius ini akan menjadi salah satu Desa wisata yang maju dan berkembang.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *