Lama-Tertidur-Koperasi-Kompepar-Puncak-Kembali-Menggeliat.jpg
Read Time:2 Minute, 30 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh beberapa orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan Undang-Undang dan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Dan koperasi memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, Serta ikut membangun tatanan perekonomian Nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila serta UUD 1945.

Para Pengurus Koperasi Kompepar Puncak Sesi Photo Bersama

Sekumpulan orang yang tergabung dalam Koperasi Kompepar Puncak menggelar kegiatan evaluasi dan rencana kerja serta pergantian pengurus untuk periode tahun 2020 – 2021, Acara dilangsungkan diruang Aula Green Valley, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua pada Rabu siang (29/07).

Geliat para pengurus terutama yang baru dan keanggotaan Koperasi Kompepar Puncak mulai nampak terlihat kembali di Tahun 2020 ini meskipun sempat mengalami kevakuman sejak didirikan pada tahun 2009 silam.

Menurut M. Teguh Mulyana, Ketua Koperasi Kompepar Puncak yang ditemui seusai kegiatan mengatakan bahwa hari ini merupakan evaluasi sekaligus ada beberapa perombakan pengurus baru dan rencana kerja serta program kegiatan kedepannya sesuai hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan pada Bulan Januari lalu.

“Banyaknya pengurus koperasi yang tidak aktif dan daripada berhenti begitu saja sementara legalitas sudah lengkap akhirnya kami melakukan reshuffle kepengurusan yang baru meskipun tidak semua-nya masih ada yang lama. Jadi jangan sampai anggota udah banyak tapi pengurusnya amburadul maka otomatis akan berdampak kesemua-nya. Alhamdulillah hari ini dikuatkan lagi kepengurusannya.” papar Bowie biasa disapa.

Ia menambahkan, Secara umum selain pribadi untuk keanggotaannya pun melibatkan warga masyarakat termasuk juga para pedagang. Upaya bekerjasama dengan pengusaha dan para stakeholder khususnya yang ada dikawasan Puncak akan dioptimalkan.

“Iya, Untuk simpanan pokok sebesar Rp 100ribu, Simpanan wajib Rp 20 ribu itukan masih ada di Bendahara dan nantinya akan disimpan di Bank jadi uang anggota gak hilang. Kami juga nanti akan berupaya melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan dan para stakeholder khususnya yang ada di kawasan Puncak baik itu diperdagangan umum atau lainnya, pengelolaan sampah di kawasan Puncak kita udah siapkan nama lembaga-nya yaitu LWP (Lestari Wisata Puncak) yang khusus menangani sampah sudah ada koordinatornya beserta bidang lainnya,” jelas Bowie.

Masih kata Bowie, Ada 3 divisi dalam Koperasi Kompepar Puncak yakni Simpan Pinjam, Perdagangan Umum dan Serba Usaha.

“Penambahan pengurus baru dan tim pengawas yang tadinya 3 sekarang jadi 5 orang termasuk juga ada tim Litbang. Setelah reshuffle dan penambahan pengurus baru ini mudah-mudahan kedepannya bisa maksimal ya syukur-syukur bisa ikut proyek dengan Pemkab misalnya jika pengelolaan koperasi kita sehat dan baik mah,” harapnya.

Sementara itu Abas Helmi, Salah seorang anggota yang baru bergabung dengan Koperasi Kompepar Puncak mengaku dirinya merasa yakin kedepannya koperasi tersebut akan berjalan dengan baik karena melihat komposisi kepengurusan saat ini diisi oleh orang-orang yang punya skill dan pengalaman serta kemampuan tata kelola koperasi.

“Saya optimis yakin dan percaya, Insha Allah koperasi ini akan berjalan bahkan memungkinkan perjalanan ini akan semakin berlari kencang karena diketahui koperasi kompepar ini sudah lama tertidur inilah momentum untuk bangkit dan berkembang.” pungkasnya. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.