Menyeka-Keringat-Disela-Tugas-Tangani-Sampah-di-Desa-Cibedug.jpg
Read Time:1 Minute, 18 Second

CIAWI, PENAPUBLIK.COM – Dengan i’tikad mulia dalam upaya membantu masyarakat menyelesaikan masalah sampah di Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Sedikitnya 5 orang warga yang tergabung dalam sebuah team, Selain memeras tenaga juga fisiknya beraktivitasnhilir mudik menjemput sampah di beberapa titik lokasi ditiap Rukun Tetangga.

Di jam istirahat mereka melebur lelah dengan bercengkrama sembari menikmati secangkir air kopi dalam gelas ramah lingkungan yang terbuat dari bambu, nampak terlihat harmoni kebersamaan terpancar membawa suasana yang nyaman disamping lahan perkebunan.

Mereka adalah Yoyo, Adong, Sobarna, Salim dan Suminta yang saat ini juga ternyata tergabung dalam Satuan Tugas Lingkungan Masyarakat (Linmas) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cibedug.

5 Orang Warga Desa Cibedug Berupaya Membantu Atasi Sampah.

Meski ini adalah kali pertama untuk mereka dalam mengurusi sampah, mereka bersyukur belum ada kendala berarti setelah 1 bulan terakhir, untuk menyelesaikan tugas pengelolaan sampah setiap harinya membutuhkan 7-8 kali penjemputan ke titik-titik dimana sampah setiap warga disimpan sementara.

“Tergantung sampahnya sih, ada 7 ada 8 tarikan karena kendala armadanya, tadi juga hampir ga naik di tanjakan,” ujar Yoyo, anggota linmas yang kini juga diberdayakan untuk mengelola sampah di Desa Cibedug.

Armada yang digunakan adalah sebuah kendaraan roda 4 hasil modifikasi, kendaraan tersebut berasal dari sebuah mini bus yang bagian belakangnya dipotong sedemikian rupa menjadi kendaraan pickup.

Meski begitu Yoyo dan rekannya juga mengaku cukup bersyukur atas kinerja Kepala Desa saat ini yang sudah melihat dan berupaya memberikan solusi atas kebutuhan di Desa Cibedug.

“Alhamdulillah ada perubahan untuk Kades sekarang bisa melihat situasi desanya sendiri, melihat masalah sampah.” pungkas Yoyo. (Adeas/Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.