Curug-Sawer-dan-Jembatan-Gantung-Sukabumi-Tawarkan-Panorama-Eksotik-Serta-Kesejukkan-Alami.jpg
Read Time:1 Minute, 47 Second

Sukabumi, PenaPublik.com – Objek wisata Situ Gunung termasuk kedalam salah satu kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Terletak di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Destinasi wisata tersebut selain menawarkan pemandangan eksotik nan indah dipandang mata juga kesejukkan alami bagi para pengunjung yang datang dari berbagai Daerah.

“Objek wisata Situ Gunung lokasinya tidak jauh dari Cisaat-Sukabumi, bisa juga ditempuh kereta api dan turun di stasiun Cisaat kurang lebih 3 jam perjalanan. Kemudian kita naik angkutan umum yang langsung kearea parkir Situ Gunung,” ucap Pratama salah seorang wisatawan berasal dari Kota Bogor.

Lanjutnya, Begitu sampai dilokasi, Hawa sejuk nan dingin langsung menyergap dan air yang mengalir tak ubahnya seperti lelehan air es.

Sesampainya dilokasi setelah membeli tiket masuk masih kata Pratama, Disitu Gunung Suspension Bridge para pengunjung akan melintas jembatan gantung sepanjang 150 meter.

“Pengunjung melintasi alam dan hutan menuju Curug Sawer yang debitnya tinggi sekali lalu kita akan naik lagi ke jembatan gantung tunggal dengan panjang yang sama dan kembali ke titik awal yang jelas bagi teman-teman yang akan berkunjung kesana silahkan disiapkan stamina juga nyali-nya agar bisa nyampai ke tujuan awal,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Angga, Wisatawan asal Bogor, Ia mengaku baru pertama kali setelah mendengar jika lokasi wisata tersebut sudah dibuka kembali 1 bulan lalu.

“Pemandangannya sejuk dan eksotik saat melintasi jembatan gantung benar-benar memicu adrenalin pokoknya ajib lah,” tuturnya.

Menurut salah seorang petugas diarea Situ Gunung Suspension Bridge mengatakan karena masih kondisi pandemi Covid-19, para pengunjung wisata Situ Gunung atau Curug Sawer diwajibkan mematuhi aturan protokol kesehatan bahkan banner atau himbauan tertera di area wisata.

“Iya, Wisatawan diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan memakai handsanitizer serta menjaga jarak.” singkatnya.

Sekedar diketahui, Jembatan Gantung Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang, yang berada di tengah hutan, di Asia Tenggara. Jembatan ini berlokasi di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, yang telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata selama bertahun-tahun dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Suspension Bridge 1 kapasitas 90 orang dan Suspension Bridge 2 kapasitas maksimalnya 30 orang. Safety belt juga wajib dipakai bagi para pengunjung yang akan melintas jembatan maupun sebaliknya.

Reporter : Sigit

Editor : Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.