Paguyuban Asep Dunia Diikat Oleh Sentimen Nama Yang Sama_1_PenaPublikcom (1)
Read Time:1 Minute, 41 Second

Ciomas, PenaPublik.com – Bertempat di Saung Jurasep 2, Jalan Selahuni Nomor 1, Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Para pemilik nama Asep yang tergabung dalam Paguyuban Asep Dunia (PAD) Pakuan Pajajaran Bogor Raya berkumpul dalam rangka merekatkan jalinan silaturahmi dan rasa persaudaraan diantara mereka sekaligus merayakan HUT PAD ke-9 sejak dibentuk dan didirikan pada 2010 yang awalnya bernama Paguyuban Asep kemudian di tahun 2015 sesuai kesepakatan bersama mengganti nama menjadi Paguyuban AsepĀ  Dunia agar lebih mendunia terbukti paguyuban tersebut sudah terbentuk dari Sabang hingga Merauke.

“Ya, Syukur alhamdulillah pada hari ini kami dapat berkumpul silaturahmi dengan rekan-rekan sesama pemilik nama Asep sekaligus merayakan Milad yang ke-9 Paguyuban Asep Dunia (PAD) dan ini merupakan refleksi kami,” tutur Asep Maskan, Pengurus DPP PAD sebagai Kepala Departemen Pemberdayaan Komunitas.

Masih kata Asep Maskan, Pihaknya juga menuturkan bahwa saat ini kepengurusan PAD mulai dari Sabang sampai Merauke itu sudah ada ditambah lagi 4 kepengurusan DPLN (Dewan Kepengurusan Luar Negeri) diantaranya Malasya, Brunei Darussalam, Mesir dan Saudi Arabia yang semuanya relatif aktif.

“Hari ini kami bersama DPW Asep Dunia Pakuan Pajajaran berkumpul di Saung Jurasep 2 yang memang tempat ini layak dijadikan basecamp DPW Pakuan Pajajaran karena berbagai alasan, Mudah-mudahan kedepan ini menjadi efek bola salju bagi Paguyuban Asep lainnya. Disini sering melakukan diskusi berbagai hal seperti sosial kemasyarakatan bahkan arisan dan lain-lainnya,” terang Asep.

Tim PenaPublik Ikut berfoto bareng dengan Paguyuban Asep Dunia Pakuan Pajajaran Bogor Raya

Konon, secara historikal atau sejarahnya menurut cerita leluhur asal kata nama Asep juga memiliki dan mengandung arti dari beberapa versi yang berkonotasi positif akan tetapi ternyata juga nama Asep tidak hanya identik setelah ada di Paguyuban Asep Dunia menjadi milik orang Sunda saja.

“Ada nama Asep berasal dari Padang Sumatera Barat, Asep dari Medan Sumatera Utara. Ada juga nama Asep berasal dari Tegal (Jawa Tengah), Tionghoa bahkan ada nama Asep yang berasal dari Kanada (Amerika Utara) mungkin pula diwilayah lain dibelahan Dunia masih ada nama Asep.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.