Samakan-Persepsi-Bakesbangpol-Bersama-Puluhan-Ketua-LSM-Adakan-Dialog-Interaktif-1.jpg
Read Time:1 Minute, 50 Second

Megamendung, PenaPublik.com – Sehari seusai menggelar kegiatan wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter Bangsa bersama gerakan Pramuka penegak se-Kabupaten Bogor, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) selanjutnya mengadakan kegiatan diskusi atau perumusan kebijakan penguatan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan bersama puluhan Ketua LSM dan perwakilan yang ada diwilayah Kabupaten Bogor, Bertempat di Aula Hotel Gumilang, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Kamis dan Jum’at (3 – 4/12/2020).

“Iya kami dari Badan Kesbangpol diakhir tahun 2020 ini mengadakan kegiatan bersama para Ketua LSM dan perwakilannya berdiskusi terkait penguatan karakter dan wawasan kebangsaan kaitannya dengan ideologi Pancasila sebagai satu-satunya yang menjadi pedoman kita semua dalam kehiduan bernegara dan bermasyarakat,” terang Bambang Widodo Tawekal, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bogor saat ditemui PenaPublik seusai membuka kegiatan pada Kamis (3/12).

Menurut Bambang, Pancasila diartikan bukan hanya mengetahui sila ketuhanan YME hingga keadilan sosial saja, akan tetapi jauh daripada itu adalah mampu mengimplementasikan atau mengamalkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Bambang Widodo Tawekal, Kepala Badan Kesbangpol Saat Memberikan Sambutan

“Rekan-rekan para Ketua LSM selain sebagai mitra, Kami yakin mereka itu paham betul tentang ideologi. Disini kita diskusi untuk menyamakan persepsi dengan kearifan lokal Pemerintah Kabupaten Bogor melalui program Panca Karsa-nya dan kita sama-sama bertekad untuk mempancasila-kan warga masyarakat sehingga nantinya berpengaruh bagi pembangunan manusia seutuhnya. Jadi artinya kita perlu itu,” paparnya penuh harap.

Karena sejatinya nilai-nilai luhur itulah menurut Bambang yang akan menjadi pijakan semua orang dan hal tersebut harus diingatkan secara terus menerus.

“Jadi, Kami mendapat amanat dari Ibu Bupati yang namanya pendidikan-pendidikan politik dan wawasan kebangsaan itu harus senantiasa sering disampaikan sehingga jika sudah ada kesamaan persepsi, Maka ketika ada permasalahan tentu akan lebih mudah terselesaikan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ujang Kamun atau biasa disapa Uka, Mewakili Forum Masyarakat Ciawi Peduli (Formacip) mengapresiasi dialog dan diskusi bersama rekan-rekan para Ketua LSM se-Kabupaten Bogor yang digagas dan digelar oleh Badan Kesbangpol tersebut.

“Pertama kami ingin mengucapkan selamat kepada Kepala Badan Kesbangpol yang baru yakni Pak Bambang WT bersama jajarannya, Mudah-mudahan sinergitas dan kemitraan ini bisa terus berjalan berkesinambungan serta senantiasa berupaya mendukung program Panca Karsa Bupati terutama Bogor Beradab.” pungkasnya. (Taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.