Sungai-Nan-Strategis-Dimasa-Lampau-Sebuah-Catatan-.jpg
Read Time:59 Second

Oleh : Sigit Pramatajie

BOGOR, PENAPUBLIK.COM – Berabad-abad yang lalu keberadaan Sungai merupakan faktor yang sangat penting bagi sebuah peradaban manusia. Betapa tidak, Sungai identik dengan perekonomian yang menjadi detak kehidupan masyarakat juga sebagai pusat kegiatan manusia bahkan media transportasi dari Hulu hingga ke hilir atau sebaliknya.

Jika flashback pada masa kerajaan Majapahit, Salah satu kerajaan kebanggaan di kawasan Nusantara tercatat sebagai salah satu kerajaan di Indonesia yang wilayahnya paling luas menjadikan Sungai ini sebagai pintu masuk gerbang kerajaan.

Pada abad kejayaan Majapahit semua transportasi melewati Kali Mas, Kini Sungai tersebut menjadi legenda Kota Surabaya dan Kali Mas merupakan pecahan Sungai Brantas yang membelah sebagian Jawa Timur. Bahkan pada abad ke 13 di Sungai tersebut pernah terjadi pertempuran besar antara pasukan China dengan pasukan Raden Wijaya.

Di masa kini keberadaan Sungai sebagai satu-satunya transportasi tergantikan oleh Jalan darat dan akhirnya semakin diabaikan keberadaan Sungai tersebut.

Sebagai generasi milenial yang sejatinya jangan melupakan sejarah (jas merah) Sungai mulai difungsikan sebagai faktor utama yang penting dalam detak jantung perkotaan.

Beberapa kota sudah mulai memfungsikan kembali keberadaan Sungai meskipun mungkin masih dengan keterbatasan.

“Mari benahi Sungai kita, fungsikan kembali Sungai kita bersama agar terbebas dari sampah.” (redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.